loading...
Loading...
Ilustrasi

SIAPA tak kenal bakso daging sapi? Kudapan yang terbuat dari daging sapi cincang ini bisa dibilang menu favorit orang Indonesia. Bentuknya pun “berevolusi”. Bakso yang bulat sekarang juga dibuat berbentuk pipih.

Tapi, akhir-akhir ini kita diresahkan dengan bakso yang dicampur daging babi. Sekarang, tak usah khawatir lagi sebab Anda bisa membuat bakso dengan mudah. Bakso buatan sendiri juga lebih aman dan lebih higienis, kan? Yuk, simak trik membuat bakso dan langsung praktikkan di dapur.

Pilih daging sapi segar bagian paha yang bebas urat dan memiliki sedikit lemak. Contohnya, daging lemusir dan gandik. Dua varian ini dijamin menghasilkan bakso yang bermutu jempolan.

Cara membuatnya mudah. Potong-potong daging sapi dan haluskan menggunakan food processor . Jika tidak memiliki food processor , giling daging di pasar. Sesampainya di rumah, tumbuk daging memakai ulekan supaya lebih halus.

Berikan bumbu, tepung sagu, dan es batu pada daging cincang. Aduk hingga rata dan adonan tidak lengket di tangan. Nah, Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti urat sapi, keju, jamur, atau sumsum.

Tips:Jumlah tepung sagu yang dipakai sekitar 15 – 20 persen dari berat daging.

Tribunnews

Loading...