loading...
Loading...
Ilustrasi

KADANG kegagalan terbesar dalam membuat bakso yaitu dagingnya terasa lembek, dan bumbunya tidak meresap. Lantas apa yang harus dilakukan agar hal tersebut tak terjadi?

Merendam adonan bakso di dalam air es akan membuatnya lebih kenyal dan padat, lho!Penasaran bagaimana mendapatkan bakso berbentuk bulat sempurna?

Caranya, bentuk bakso menggunakkan 2 sendok kecil. Anda juga bisa menggunakan tangan. Ambil segenggam adonan, remas, dan tekan ke arah ibu jari.

Adonan akan keluar dari antara ibu jari dan telunjuk serta langsung membentuk bulatan. Selanjutnya, ambil adonan menggunakan sendok.

Rebus & Rendam

Langkah berikutnya, rebus air sampai mendidih, kecilkan api, dan masukkan bulatan daging yang sudah terbentuk, lalu rebus sampai bakso terapung. Angkat dan masukkan kembali ke dalam air es. Hal ini dilakukan supaya panas bakso berkurang tapi bakso tetap lebih kenyal dan lebih padat.

Simpan dengan Benar

Walaupun tanpa pengawet, bakso dapat bertahan kurang lebih sebulan jika disimpan di dalam freezer dan dimasukkan ke wadah yang tertutup rapat.

Tapi, jika disimpan di chiller , bakso yang ditaruh di wadah tertutup atau kantong plastik bisa bertahan hingga seminggu. Nah, jika bakso akan digunakan, rendam dulu di dalam air hangat, ya!

Tribunnews|Nuraini W

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.