JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Bicara Pilkada Karanganyar. Gerindra Jateng: Masyarakat Tak Bisa Dipaksa!

Sriyanto Saputro. Foto/Wardoyo
   
Sriyanto Saputro. JSNews/Yok

KARANGANYAR–  Komisi A DPRD I Jawa Tengah, meminta kepada Panwaskab Karanganyar agar bekerja secara profesional dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh proses tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karanganyar yang akan berlangsung pada tanggal 27 Juni mendatang.

Hal tersebut dikatakan anggota Komisi A DPRD I Jawa tengah, Sriyanto Saputro, usai melakaukan pertemuan dengan Panwaskab Karanganyar, Rabu (17/01/2018). Menurut Sekretaris DPD Gerindra Jateng iti, masyarakat Karanganyar menaruh harapan besar agar proses pelaksanaan demokrasi dapat berlangsung sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“ Kami minta agar Panwaskab bekerja secara profesioanal, serta  menjaga netralitas, sehingga proses demokrasi berjalan sesuai aturan main,” kata Sriyanto Saputro.

Politisi Partai Gerindra tersebut juga menegaskan, agar Panwaskab tidak pilih kasih dalam menegakkan aturan serta bersikap tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh kontestan pemilu.

Sementara itu, terkait dengan kotak kosong yang kemungkinan akan melawan pasangan Juliyatmono-Rober Christanto dalam Pilkada Karanganyar, Sriyanto menyatakan, secara regulasi, belum diatur secara jelas.

“ Soal kotak kosong, secara regulasi belum diatur secara jelas. Yang perlu saya tegaskan, setiap orang mempunyai hak untuk menentukan pilihannya, termasuk memilih kotak kosong. Mereka tidak bisa dipaksa,” pungkasnya.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Sementara itu, Ketua Panwaskab Karanganyar, Kustawa, menjelaskan, sosialisasi pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada maupun Pilgub, telah dilaksaakan kepada seluruh elemen masyarakat. Menurut Kustawa, dalam melaksanakan pengawasan, partisipasi masyarakat sangat diperlukan.

“ Kita telah melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat. Kita juga berharap, partisipasi aktif dari masyarakat untuk melakukan pengawasan,” ujar Kustawa.  Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com