JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Budidaya Sapi di Wonogiri ini Menguntungkan Peternak, 70 Persen Laba Masuk Kantong

Penyerahan bantuan sapi di Kecamatan Jatipurno, Kamis (25/1/2018).Jsnews/Aris Arianto
   
Penyerahan bantuan sapi di Kecamatan Jatipurno, Kamis (25/1/2018).Jsnews/Aris Arianto

WONOGIRI-Puluhan ekor sapi didistribusikan kepada kelompok tani peternak di Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Kamis (25/1/2018. Sistem bagi hasil yang ditetapkan dalam budidaya sapi tersebut sangat menguntungkan peternak.

Pasalnya sebagian besar keuntungan masuk ke kantong peternak. Perinciannya 70 persen menjadi milik peternak, 30 persen untuk investor.

Suramto Danudirjo, dari Kelompok Peternak Sapi Widodo Sukses, Kecamatan Jatipurno mengatakan mendapatkan bantuan 30 ekor sapi dengan pola kemitraan. Ada 10 orang anggotanya yang siap mengembangkan bantuan itu.

Baca Juga :  1 Meninggal Tenggelam di Embung Galmojo Sambiroto Pracimantoro Wonogiri

“Sistemnya sangat menguntungkan. Ini benar-benar bermanfaat untuk menyejahterakan kami selaku peternak,” ujar dia di sela menerima bantuan sapi di Pasar Jatipurno. Penyerahan juga disaksikan unsur Forkopimcam setempat.

Dia menerangkan, Kecamatan Jatipurno menjadi pilot project dalam budidaya sapi dengan pola kemitraan tersebut. Dalam waktu dekat peternak di kecamatan lain segera bisa menikmati manfaat dari sistem menguntungkan itu.

Pihak investor dalam pola kemitraan itu adalah PT Widodo Makmur Perkasa. Direktur perusahaan, Tri Agus Bayuseno melalui Ketua Koordinator Peternak Wonogiri Gunarto menegaskan, tujuan pola kemitraan memang untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat Wonogiri. Muaranya kesejahteraan bakal terkatrol.

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

“Memang benar Kecamatan Jatipurno menjadi pilot project bagi kecamatan yang lain di Wonogiri. Kami siap menggandeng peternak di Wonogiri untuk meraih kesejahteraan,” tegas dia.

Kapolsek Jatipurno Iptu Edi Hanranto menyatakan, pihaknya mendukung segala kegiatan yang berpihak kepada masyarakat. Pihaknya berharap masyarakat mampu memanfaatkan bantuan sehingga lebih sejahtera. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com