JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Gandeng Nyi Kenyik, Mantan Bupati Untung Wiyono Kembali Ndalang di HUT PDIP

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono didampingi Ketua DPC PDIP Sragen sekaligus putranya, Untung Wibowo (kanan) dan Agustina Wilujeng saat pentas wayang di Padas, Tanon, Selasa (9/1/2018) malam
   
Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono didampingi Ketua DPC PDIP Sragen sekaligus putranya, Untung Wibowo (kanan) dan Agustina Wilujeng saat pentas wayang di Padas, Tanon, Selasa (9/1/2018) malam

SRAGEN–  Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, kembali menunjukkan kepiawaiannya mendalang di Desa Padas, Kecamatan Tanon, Sragen, Selasa (9//1/2018)) malam. Ayah kandung Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati ini unjuk kemampuannya dalam mendalang bersama dalang perempuan  asal Sukoharjo, Nyi Kenyik Asmorowati.

Pentas wayang kulit di desa itu digelar dalam rangka memperingati HUT ke 45 PDI Perjuangan. Pentas wayang semalam suntuk ini digelar di rumah salah satu kader di Dukuh Sukorejo.

Untung dan Kenyik Asmorowati membawakan lakon “Kunti Darma”. Selain kader PDIP, wayangan juga dihadiri legislator DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV Jateng, Agustina Wilujeng, Ketua DPC PDIP Sragen, Untung Wibowo Sukowati; dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati; dan sejumlah legislator Fraksi PDIP Sragen dan Jateng.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Acara wayangan itu juga menjado hiburan bagi warga setempat yang ikut hadir.

“Acara wayangan itu juga sekaligus untuk memperingati Hari Ibu. Jadi dalang dan para niyaga perempuan. Hasilnya unik, menarik, dan beda. Apalagi Pak Untung ikut ndalang juga,” papar Agustina Rabu (10/1/2018).

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

Lakon Kunti Darma sengaja dipilih untuk mengingatkan kiprah dan peran kaum ibu. Kaum ibu sangat berjasa dalam melahirkan dan mendidik anak-anak.

Kaum ibu juga berperan sebagai pasangan bagi suaminya. Di belakang laki-laki yang hebat selalu ada perempuan atau ibu yang tangguh.

Agustina berharap wayang yang menjadi bagian budaya bangsa tetap lestari. Caranya dengan memberikan ruang bagi pagelaran wayang dalam berbagai event di tengah warga. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini