loading...


PENINGKATAN JALAN-Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek peningkatan jalan jalur Alas Ketu-Timang, Kecamatan Wonogiri, akhir 2017 lalu. Aris Arianto

WONOGIRI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri melakukan gebrakan baru di bidang pembangunan proyek fisik tahun ini. Proses lelang proyek fisik dimulai sejak awal tahun, atau di bulan Januari.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyatakan, gebrakan itu sekaligus menjawab tantangan kalangan pengusaha jasa konstruksi untuk melakukan lelang proyek di daerah itu lebih awal.

“Jika ada rekanan yang menuding penyebab kegagalan proyek karena waktu yang kurang, maka kami memutuskan, untuk proyek 2018, Januari sudah dilelangkan,” ujar Bupati, Jumat (5/1).

Bupati yang akrab disapa Mas Jekek ini menerangkan, sudah ada sejumlah proyek yang siap dilelangkan. Khususnya peningkatan jalan dan jembatan dengan pendanaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Baca Juga :  Terungkap, Ini Solusi Mengatasi Kekeringan di Paranggupito Wonogiri

Diharapkan dengan proses yang dimulai sejak awal tahun, akan tersedia cukup waktu untuk mengerjakan proyek fisik itu.

Bupati menambahkan, secara makro capaian pelaksanaan proyek fisik di Wonogiri tahun 2017 kemarin dinilai cukup baik dan cenderung lebih bermutu. Paramaternya, jika dibanding hasil pelaksanaan proyek tahun sebelumnya atau 2016.

Hingga akhir 2016 lalu sedikitnya ada enam proyek tidak selesai tepat waktu atau gagal proyek. Secara keseluruhan sebanyak 70 proyek capaiannya hanya 74-78 persen. Tapi sampai tahun 2017 ini tidak ada laporan terjadi kasus gagal proyek.

Baca Juga :  Langsung di Lokasi Pembangunan Fisik Hingga Door to Door. Warga Tlogoharjo Giritontro Nikmati Pelayanan Kesehatan Gratis

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Sri Kuncoro berujar, proses lelang di bulan Januari merupakan kali pertama akan dilakukan. Pada tahun-tahun lalu, belum pernah ada proyek yang dilelang pada Januari

Menurut dia, sedikitnya ada tiga proyek yang siap lelang pada Januari ini. Pendanaan proyek dari DAK sebesar Rp 19 miliar. Meliputi peningkatan jalan dan jembatan untuk ruas Sidoharjo-Girimarto, Pandeyan (Jatisrono)-Kopen (Jatipurno), dan Giriwoyo-Ngancar.

Baca Juga :  Pakai Metode Berantai Saat Pembangunan Embung. Bukti Berat Sama Dipikul Ringan Sama Dijinjing Diterapkan Dalam TMMD Reguler ke-103 Kodim 0725 Sragen

Aris Arianto

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.