Beranda Daerah Wonogiri Ini Cara Warga Sambirejo Manfaatkan Dana Desa

Ini Cara Warga Sambirejo Manfaatkan Dana Desa

74
BAGIKAN
PELATIHAN MENJAHIT-Perangkat Desa Sumberejo bersama Anggota Kodim 0728 Wonogiri memantau pelaksanaan pelatihan menjahit di aula desa setempat, awal Januari. Foto: Kodim 0728 Wonogiri

WONOGIRI-Pemerintah Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri, melakukan inovasi dalam pemanfaatan Dana Desa Tahun Anggaran 2017. Mereja menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan menjahit.

Kepala Desa (Kades) Sumberejo, Sulardi, menyebutkan, dirinya beserta perangkat terkait mencoba melakukan terobosan untuk mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan yang dipilih berupa pelatihan menjahit, mengingat potensi SDM warga Sumberejo cukup besar dalam bidang tata busana.

“Kami bekerja sama dengan UPT Balai Latihan Kerja Kabupaten Wonogiri. Sebanyak 10 orang kader PKK dari perwakilan 10 dusun diberikan bekal keterampilan menjahit. Selama 14 hari para kader PKK tersebut mendapatkan materi pelatihan, mulai dari materi dasar sampai dengan praktik langsung untuk pembuatan produk,” kata Kades, Sabtu (6/1/2018).

Kegiatan tersebut, jelas dia, dilaksanakan di aula Kantor Desa Sumberejo. Pelatihan dimulai pada 21 Desember 2017 dan akan berakhir besok pada 10 Januari 2018.

Tri Wahyuni, Sekretaris Desa Sumberejo selaku koordinator pelaksana menambahkan, ke depan akan disusul dengan kegiatan pemberdayaan yang lain. Alokasi pos pemberdayaan masyarakat dari Dana Desa Tahun Anggaran 2018 direncanakan untuk kegiatan pelatihan pengolahan ikan. Hal itu jelas dia, lantaran Desa Sumberejo memiliki potensi ikan dari perairan Waduk Gajah Mungkur. Kegiatan semacam ini diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  Hebat. Petani di Desa Purwosari Wonogiri Sebagian Besar Anak Muda

Winarto, instruktur dari BLK Wonogiri menyampaikan ada 120 jam materi pembelajaran yang harus diikuti oleh kesepuluh peserta. Meliputi materi teori kelas maupun materi praktek. Aris Arianto

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here