Beranda Daerah Ini Dia Alokasi Pupuk Bersubsidi Tahun 2018 di Wonogiri

Ini Dia Alokasi Pupuk Bersubsidi Tahun 2018 di Wonogiri

180
BAGIKAN
BANTUAN ALSINTAN-Pertemuan membahas penyerahan bantuan alsintan bagi kelompok tani di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, belum lama ini. Foto: Aris Arianto

WONOGIRI-Alokasi pupuk bersubsidi tahun ini sudah ada di tangan Pemkab Wonogiri. Sementara dinas terus memberikan bantuan kepada petani untuk menekan ongkos produksi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri, Safuan menyebutkan, sudah ada alokasi pupuk bersubsidi untuk tahun ini. Perinciannya, Urea 29.000 ton, SP-36 sebanyak 6.400 ton, ZA 6.000 ton, NPK ada 23.000 ton, dan Organik sebesar 12.500 ton. Jadi total 76.900 ton untuk alokasi pupuk bersubsidi.

“Jika dalam perkembangan nanti ada kenaikan kebutuhan pupuk, maka akan ada realokasi. Seperti tahun lalu, ada beberapa kali realokasi,” sebut dia, Senin (8/1/2018).

Pupuk tersebut, jelas dia, ada di tangan produsen. Pupuk bakal didistribusikan sesuai kebutuhan masing-masing kelompok tani.

Dia berujar, menghadapi percepatan tanam dan pengurangan beban pengeluaran usaha tani, pemerintah memfasilitasi bantuan alat mesin pertanian (alsintan). Bantuan alsintan pada tahun 2017 diberikan kepada kelompok tani maupun gabungan kelompok tani. Jumlah rincinya hand tracktor 129 unit, pompa air 51 unit, cultivator 14 unit, rice transplanter 14 unit, dan hand sprayer 33 unit.

Baca Juga :  Gaet Wisatawan,Waduk Candi Muncar Terus Berbenah. Akses Jalan Diperlebar

“Saya berharap kepada para petani penerima alsintan untuk memaksimalkan bantuan demi meningkatkan produksi pertaniannya dan menekan biaya produksi sehingga dapat meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan,” tandas dia. Aris Arianto

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here