Beranda Daerah Solo Inilah Kekhawatiran TACB Kota Solo Terkait Bangunan Keraton

Inilah Kekhawatiran TACB Kota Solo Terkait Bangunan Keraton

57
BAGIKAN
Joglosemarnews.com/Satria Utama
Bagian tembok di komplek Keraton Surakarta yang roboh

SOLO-Perlunya perawatan bangunan cagar budaya di kompleks Keraton Kasunan Surakarta mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Terlebih, paska rubuhnya sejumlah bagian tembok keraton pada Senin (15/1/2018) lalu.

Setelah Walikota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo menyatakan keprihatinan serta pentingnya perawatan keraton, begitupula dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Solo.

Menurut Tim TACB Kota Solo, Susanto, seharusnya rubuhnya satu bagian tembok Bangsal Langensari yang berbatasan langsung dengan kediaman Raja Pakubuwono XIII, lantaran kondisi yang sudah rapuh.

“Bagian tembok keraton Kasunanan Surakarta lantaran kondisinya yang cukup parah itulah hasil identifikasinya,” jelas dia saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (17/1/2018).

Dari hasil identifikasi kami, lanjut Susanto, kami telah memiliki data luasan kerusakannya. Berdasarkan hasil laporan tim identifikasi, kami juga melihat adanya retakan besar yang terjadi pada sisi kiri dan kanan tembok bangunan yang rubuh.

“Rekomendasi ini kami kirimkan kepada dinas terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyelamatkan bangunan yang masih berdiri,” jelasnya.
“Kita sangat mengkhawatirkannya. Makanya hasil dari identifikasi kita berikan ke Dinas PUPR Kota Surakarta,” sambung dia.

Baca Juga :  Tol Solo-Ngawi Diresmikan Presiden Jokowi, ini Tarif Resminya

Seperti telah diberitakan, Robohnya tembok Keraton Kasunanan Surakarta menarik perhatian sejumlah kalangan. Salah satunya, Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo.
Kepada Joglosemarnews.com, Selasa (16/1/2016) sore, ia mengaku prihatin dengan rubuhnya salah satu bangunan tembok Keraton Kasunanan Surakarta pada Senin (15/1/2018) lalu.

Walikota yang begitu akrab disapa Rudy ini menyatakan, runtuhnya salah satu bagian tembok yang berusia ratusan tahun, selain lapuk juga minim perawatan, bahkan tidak ada perawatan sama sekali.

Menurut dia, rubuhnya tembok keraton yang berada di Kampung Baluwarti, RT 01/02 RW 01, komplek Keraton Kasunanan Surakarta harusnya bisa diantisipasi.
“Harusnya dapat diantisipasi,” terang Rudy.

Satria Utama