JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jangan Buang Buah Ciplukan, Karena Harganya Tinggi dan Banyak Khasiatnya

Buah ciplukan. facebook/Kabar Wonogiri
   

Buah ciplukan. facebook/Kabar Wonogiri

WONOGIRI-Buah ciplukan atau sering disebut sebagai golden berry ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu harganya kini selangit.

Sayang, masyarakat sekitar Wonogiri, masih belum banyak yang tahu keuntungan buah ciplukan ini. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap buah yang memiliki rasa manis, asam ini sebagai gulma. Ujung-ujungnya hanya dicabut dan dibuang.

“Padahal ciplukan memiliki banyak keuntungan, semua bagian tanamannya pun bisa dimanfaatkan. Mulai dari buah, daun, batang, hingga akarnya,” ujar pebisnis tanaman asal Wonogiri, Haryani, Kamis (18/1/2018).

Baca Juga :  Ramadhan di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri, Target Khatam Alquran 20 Hari dan Berbagi Kebaikan

Dia menerangkan, paling mudah memanfaatkan daun ciplukan untuk mengatasi flu dan radang tenggorokan. Dia dan keluarganya telah terbiasa mengkonsumsi rebusan daun ciplukan saat terserang penyakit itu.

“Rasanya memang pahit, tapi hanya dalam waktu satu hari, sakit sudah berkurang banyak,” terang dia.

Di samping itu, ciplukan juga memiliki efek antioksidan, efek protektif kanker dan bakteri, pelindung ginjal dan hati. Berkhasiat pula menurunkan demam, gula darah, mengurangi peradangan, penurunan berat badan.

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

Dia mengatakan, harga buah yang saat matang berwarna kuning keemasan itu, untuk jenis tertentu sangat tinggi. Bisa mencapai ratusan ribu rupiah per kilogram di pasar modern.

“Ini tentunya merupakan peluang bisnis menjanjikan. Jadi jangan buang lagi ciplukan, tapi budidayakanlah,” tandas dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com