JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Jelang Pendaftaran Petahana, Panwas Siagakan Ratusan Relawan Pelototi PNS

Ilustrasi Pilkada
   
Ilustrasi Pilkada

KARANGANYARPanwaslu Kabupaten Karanganyar menyiagakan ratusan personil dan relawan demokrasi untuk mengawasi pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar.

Ketua Pengawas Pemilu Kabupaten Karanganyar, Kustawa Esye, dalam rilisnya yang diterima, Selasa (09/01/2018),  menjelaskan, ratusan personil yang disiagakan tadi diantaranya terdiri Komisioner Pengawas Pemilu beserta staf Kabupaten Karanganyar, Panwascam dan Relawan Demokrasi.

Relawan Demokrasi yg kami libatkan, berasal dari berbagai kelompok masyarakat yang telah mendapatkan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif dan Bintek Pengawasan”, kata dia.

Berkait fokus pengawasan dalam tahapan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Kustawa Esye menjelaskan, akan melakukan pengawasan secara langsung dan melekat.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Pengawasan tersebut dilakukan kepada penyelenggara Pemilukada, KPU dalam memfasilitasi pendaftaran, penyediaan desk pencalonan dan layanan yang diberikan kepada Bakal Calon yg mendaftar.

Sedangkan pengawasan langsung dan melekat kepada Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, diantaranya meliputi pemanfaatan fasilitas daerah, penyalahgunaan wewenang dan anggaran, serta mobilisasi ASN.

“Termasuk juga penggunaan metode publikasi, dalam proses pendaftaran. Baik melalui media cetak, elektronik maupun media sosial”, tegas Kustawa Esye.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Pelaksanaan pengawasan langsung dan melekat, dalam tahapan pendaftaran ini, lanjut Kustawa, sebagai upaya  pencegahan terhadap berbagai potensi pelanggaran yang terjadi.

Selain itu juga sebagai Pengawas Pemilu Kabupaten Karanganyar,  dalam melaksanakan pengawasan serta penindakan, jika pelanggaran ternyata tetap dilakukan.

Sebelumnya, Sekda Karanganyar, Samsi, mengingatkan kepada seluruh ASN  Pemkab Karanganyar untuk tetap menjaga netralitas.

“Kami selalu menekankan soal netralitas ASN ini. Jangan sampai berpihak kepada pasangan manapun. Gunakan saja hak politik sebagaimana mestinya, dan jangan berpolitik ,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini