JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Konsumsi Ikan Warga Sragen Jauh di Bawah Standar Nasional. Ternyata Lebih Pilih Lauk Ini..

Ilustrasi
   
Ilustrasi

SRAGEN– Fakta mengejutkan disampaikan Dinas Peternakan dan Perikanan Sragen. Ternyata tingkat konsumsi ikan per kapita warga Kabupaten Sragen sejauh ini masih jauh di bawah standar nasional.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Sragen, Aris Wardono kepada wartawan Selasa (23/1/2018) mengatakan, tingkat konsumsi ikan warga Sragen tercatat hanya 19 kg perkapita pertahun pada 2017. Padahal standar nasional konsumsi ikan yang ditetapkan sesuai Pola Pangan Harapan (PPH) sebanyak 31,4 kilogram perkapita pertahun.

Bahkan, standar nasional terbaru konsumsi ikan ditetapkan menjadi 43,88 kilogram perkapitaper tahun. Jika dibandingkan dengan standar terbaru ini, maka tingkat konsumsi ikan warga Sragen semakin jauh di bawah standar rata-rata nasional.

“Kesadaran warga mengkonsumsi ikan masih harus ditingkatkan lagi. Perlu pemahaman menyeluruh untuk warga tentang arti pentingnya konsumsi ikan,” paparnya Selasa (23/1/2018).

Baca Juga :  Puluhan Warga Geruduk Kantor Desa Pilang Masaran Sragen Tolak Pembangunan Tower, Warga: Ini Masalah Kesehatan Kami

Aris mengakui, untuk mengejar standar pola pangan harapan khususnya konsumsi di kalangan warga Sragen memang sulit. Kecenderungan masyarakat sejauh ini lebih suka makan daging, baik ayam maupun sapi.

“Selama ini warga tahunya makan iwak itu ya makan daging ayam atau sapi. Padahal iwak yang sesungguhnya adalah ikan,” jelasnya.

Aris mengungkapkan, sebenarnya kadar protein yang terkandung di ikan jauh lebih baik dibandingkan dengan konsumsi daging. Begitu pula dengan harga, ikan lebih murah jika dibandingkan dengan daging ayam atau sapi.

“Padahal kalau dibandingkan dari sisi harga, konsumsi ikan lebih murah jika dibandingkan dengan daging,” tandasnya.

Disnakkan sendiri, lanjut Aris, selama ini terus menggenjot kesadaran warga untuk mengingkatkan konsumsi ikan. Kendati anggaran pada APBD terbatas, namun sosialisasi terus dilakukan minimal setahun tiga kali digelar kampanye gemari atau gemar makan ikan.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Kampanye makan ikan itu digalakkan pada anak-anak baik di sekolah maupun dalam kegiatan masyarakat. Bahkan kampanye gemari juga menggandeng komunitas mancing mania, dan juga sosialisasi di Car Free Day (CFD).

Selama ini produksi ikan di Sragen juga diklaim cukup melimpah. Hampir di setiap kecamatan terdapat kelompok petani ikan yang mengelola kolam-kolam ikan baik lele maupun mujaer. Hasil kolam masyarakat sudah mencukupi untuk kebutuhan warga Sragen, bahkan dapat memasok ke Kota Solo.

“Belum lagi hasil ikan di Waduk Kedung Ombo (WKO) yang sudah dikirim ke berbagai kota di Jateng,” tambah Aris. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com