JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

NU Sragen Jadi Percontohan Nasional. Ini Keberhasilan dan 3 Proyek Besar yang Disiapkan

Launching koin NU di Sragen. Foto/JSnews
   
Launching koin NU di Sragen. Foto/JSnews

SRAGEN–  Nahdlatul Ulama (NU) Sragen mendapat kepercayaan untuk ditunjuk sebagai lokasi penggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) NU Care-Lazisnu 2018 di Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo, Karangmalang, Sragen, 29-31 Januari mendatang. Sedikitnya 300 delegasi Pimpinan Cabang (PC) Lazisnu se-Indonesia akan hadir dalam Rakornas ketiga ini.

Ketua Tanfidziah PCNU Sragen, Makruf Islamudin ditemui di kantornya Kamis (25/1/2018) mengatakan, terpilihnya Sragen sebagai tuan rumah pelaksana Rakornas disebabkan kinerja PCNU Sragen yang dinilai berhasil menjalankan program kerja NU Care-Lazisnu.

“Kami disebut berhasil menjalankan hasil Rakornas kedua di Sukabumi dengan sangat baik, bahkan menjadi percontohan nasional,” ujar Makruf.

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

Menurut Makruf, beberapa indikator kesuksesan yang dicapai PCNU Sragen di antaranya pengumpulan dana lewat porgram Koin NU yang mampu mencapai angka Rp 5-6 Miliar dalam satu tahun.

Seluruh koin yang terkumpul itu kemudian dipakai untuk berbagai usaha dalam menuju kemandirian NU.

Selain untuk memberikan santunan untuk yatim piatu dan fakir miskin, jelas Makruf, dana yang terkumpul juga dipakai untuk membangun Rumah Sakit (RS) NU yang rencananya akan didirikan di Kecamatan Sumberlawang Sragen.

Selain itu, PCNU juga mendirikan usaha biro wisata dan travel lewat CV Nutrans serta pendirian Baitul Maal wat Tamwil (BMT) PAS Sragen.

Dijelaskan Makruf, dalam perkembangan usahanya, CV Nutrans juga melayani jasa pemberangkatan umroh dan haji. Apalagi selama ini warga Nahdliyin kerap mengikuti berbagai tour ziarah wali sehingga bisa memanfaatkan biro perjalanan wisata milik NU sendiri.

Baca Juga :  ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

“Awalnya kami membeli sebuah minibus dari hasil pengumpulan koin sebagai modal awal. Sekarang sudah berkembang lagi,” jelasnya.

Acara Rakornas Lazisnu yang akan digelar nanti, tambah Makruf, rencananya akan dibuka langsung Ketua PBNU KH Said Aqil Siraj. Sementara untuk penutupan akan dilakukan oleh Rais Am PBNU KH Ma’ruf Amin.

“Rakornas nanti akan mengambil tema Arus Baru Pemberdayaan Ekonomi Nahdliyin Menuju 100 Tahun Nahdlatul Ulama (NU),” tambahnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com