loading...


Hamparan indah Waduk Mulur Sukoharjo

SUKOHARJO-Kendati merupakan wilayah terkecil kedua di Jawa Tengah, Kabupaten Sukoharjo memiliki sejumlah tempat wisata yang cocok dijadikan pilihan menghabiskan liburan. Salah satunya Waduk Mulur di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari.

Nuansa asri perairan di Waduk Mulur menjadi penarik minat kedatangan pengunjung. Perairan yang bening dikelilingi pepohonan rindang menjanjikan kenyamanan tersendiri hingga membuat pengunjung enggan pulang.

Tak membawa bekal makanan ketika berkunjung di Waduk Mulur? Tidak perlu risau, deretan warung makan dengan menu khas ikan, siap memanjakan lidah.

Waduk Mulur memang menjadi spot mancing idola. Ketika Minggu tiba, pinggiran waduk bakal penuh dengan para pemancing. Mereka bahkan kerap melakukan teknik nyobok atau menenggelamkan separuh tubuhnya di air sambil memancing. Salah satu jenis ikan yang menjadi ciri khas Waduk Mulur adalah ikan predator jenis toman.

Baca Juga :  Ini Daftar Pengurus FKUB Sukoharjo yang Baru

Selain toman, pemancing juga bisa mendapati jenis ikan lain seperti gabus, dan patin. Bagi yang enggan memancing, pengunjung bisa membeli ikan dari petani karamba di sekitar waduk. Jenis ikan yang dibudidayakan di antaranya nila, gurame, jambal, dan lainnya.

“Murah meriah, tidak perlu keluar uang banyak. Sambil bawa keluarga, saya memancing, anak-anak bermain dengan ibunya di lapangan teduh,” ujar salah satu pengunjung, Hendra Setiawan, Sabtu (6/1/2018).

Pengunjung lainnya, Sri Wahyuni mengaku kerap menyambangi Waduk Mulur saat akhir pekan. Dia paling suka duduk di bawah pohon sambil melihat aktivitas pemancing. Saat lapar melanda dia tinggal bergeser ke warung nila bakar langganannya.

Baca Juga :  Terungkap Ini Sasaran TMMD Sengkuyung III di Sukoharjo

Sementara untuk membantu menciptakan kebersihan, komunitas pehobi mancing Ikatan Mancing Casting Sukoharjo, melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan sampah plastik yang berserakan di sepanjang tanggul Waduk Mulur. Kegiatan ini digelar rutin setiap akhir bulan sebagai salah satu bentuk kepedulian komunitas yang bersekretariat di Dusun Balesari RT 2 RW 2, Desa Mulur Bendosari Sukoharjo atau timur lapangan Pringgodani Mulur.

Pemerintah setempat menyatakan dari total luas kawasan sekitar 120 hektare, 90 hektare di antaranya digunakan untuk waduk. Waduk Mulur saat ini dilengkapi fasilitas outbond, tempat latihan olah raga panahan, parkir, tempat makan, kamar mandi, dan lapangan tenis.

Baca Juga :  Ini Bantuan Pemkab Sukoharjo Bagi Kontingen PORPROV 2018. Turunkan 135 Atlet Untuk 25 Cabor

Informasi yang dihimpun, Waduk Mulur merupakan salah satu peninggalan Belanda yang saat ini masih tetap berfungsi dengan baik sebagai cadangan air untuk pengairan di wilayah Sukoharjo. Waduk Mulur pernah direnovasi pada 1998.

Aris Arianto

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.