JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Rudy Prihatin Atas Robohnya Tembok Keraton Surakarta

Joglosemarnews.com/Satria Utama Bagian tembok di komplek Keraton Surakarta yang roboh
   
JOGLOSEMARNEWS.COM /Satria Utama
Bagian tembok di komplek Keraton Surakarta yang roboh

SOLO--Robohnya tembok Keraton Kasunanan Surakarta menarik perhatian sejumlah kalangan. Salah satunya, Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo.
Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (16/1/2016) sore, ia mengaku prihatin dengan robohnya salah satu bangunan tembok Keraton Kasunanan Surakarta pada Senin (15/1/2018) malam lalu.
Walikota yang begitu akrab disapa Rudy ini menyatakan, runtuhnya salah satu bagian tembok yang berusia ratusan tahun, selain lapuk juga minim perawatan, bahkan tidak ada perawatan sama sekali.
Menurut dia, robohnya tembok keraton yang berada di Kampung Baluwarti, RT 01/02 RW 01, komplek Keraton Kasunanan Surakarta harusnya bisa diantisipasi.
“Harusnya dapat diantisipasi,” terang Rudy.
Menurut Rudy, antisipasi tersebut dengan memaksimalkan sistem perawatan hingga merevitalisasi sesuai dengan undang-undang bangunan cagar budaya.
“Namun ada kendala untuk penyaluran anggarannya,” sambung dia.
Lebih jauh, Rudy menjelaskan, sesuai dengan peraturan dan undang-undang baik pemerintah pusat dapat mengalokasikan anggaran untuk keraton. Bahkan, dari pemerintah pusat telah memberikan arahan untuk pembentukan Unit Pelayanan Teknis (UPT).
“Dengan adanya UPT, pemerintah pusat dapat menyalurkan anggaran untuk keraton. Anggaran tersebut salah satunya digunakan untuk perawatan bangunan keraton,” katanya.
Namun, lanjut Rudy, pihak keraton tidak sendiri tidak mengindahkan petunjuk dari pemerintah pusat. Menurut Rudy, lantaran pihak keraton tidak mengikuti petunjuk pemerintah pusat, maka tidak mendapat kucuran anggaran baik untuk perawatan maupun untuk revitalisasi dari pemerintah pusat.
“Jika mengikuti arahan pemerintah sebenarnya dapat diantisipasi. Jika dibentuk UPT bisa mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat,” sambung Rudy.
“Jika ada yang menyatakan terkendala anggaran itu tidak benar. Pemerintah pusat telah bersedia mengucurkan anggaran. Namun, pihak keratin tidak mengikuti petunjuk pembentukan UPT dari pemerintah. Maka anggaran tidak dapat disalurkan, inilah permasalahannya,” lanjut Walikota.
Atas kondisi tersebut, menurut Rudy pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta juga tidak bisa memaksa pihak keraton untuk membentuk UPT. Padahal, lanjut dia, anggaran untuk perawatan dan revitalisasi keraton sangat penting.
“Pada tahun 2017, pihak Pemkot kan telah mengucurkan anggaran perawatan serta revitalisasi sejumlah bangunan di komplek keraton. Seperti revitalisasi museum Keraton serta sejumlah bangunan lain. Jika dibentuk UPT itukan bisa mendapat anggaran dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Baca Juga :  Pertamina Amankan Persediaan BBM dan Elpiji di Soloraya Selama Periode Ramadan dan Lebaran 2024

Seperti diberitakan, bangunan tembok di sisi barat Keraton Kasunanan Surakarta rubuh lantaran sudah berusia ratusan tahun dan tidak dirawat sama sekali.
Lokasi tembok yang rubuh berada di Kampung Baluwarti, RT 01/02, RW 01 kompleks Keraton Kasunanan Surakarta.
Salah satu saksi, Supardi warga Baluwarti memastikan pada saat rubuh tidak ada angin yang kencang ataupun turun hujan. Rubuhnya bagian tembok yang disebut oleh warga Dalem Prabuwinoto berada dekat kediaman Raja Kasunanan Surakarta Pakubuwono XIII ini lantaran sudah lapuk.

Baca Juga :  Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional Sepanjang 22 KM Saat Mudik Lebaran 2024

“Sebenarnya pada bulan Agustus tahun 2017 lalu ada beberapa bagian tembok yang disandari tangga saja bergoyang. Temboknya memang sudah rapuh karena usia bangunan yang tua dan tak ada perawatan,” kata Supardi. Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com