JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

TPS Pilgub Peduli Difabel, KPU Sediakan Template Surat Suara Hingga Jalur Khusus

Gudang KPU Wonogiri. Jsnews/Aris Arianto
   
Gudang KPU Wonogiri. Jsnews/Aris Arianto

WONOGIRI—Partisipasi difabel dalam Pilkada/Pilgub Jateng 2018 bakal lebih diperhatikan. Pada setiap tempat pemungutan suara (TPS) bakal ada akses khusus bagi difabel.

Salah satunya penyediaan template bagi tuna netra di setiap TPS.

“Nanti ada itu (akses khusus bagi difabel). Setiap satu TPS nanti akan kami sediakan satu template surat suara bagi tuna netra. Untuk penyandang disabilitas lain juga kami perhatikan, misalnya juga ada jalur khusus kursi roda,” beber Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, Rabu (31/1).

Baca Juga :  Potret Nyata Upaya Basmi DBD di Jatisrono Wonogiri, Full Kebul alias Fogging Bolo

Dia berujar, gasilitasi bagi penyandang disabilitas merupakan upaya mendulang partisipasi kalangan penyandang disabilitas. Harus ada kesamaan hak yang setara dalam setiap tahapan pemilu. Selain itu, difabel juga harus bisa mengakses informasi terkait seluruh tahapan pemilu.

Baca Juga :  Siap Digembleng 6 Bulan, Ratusan Guru Wonogiri Ikuti Progam Guru Penggerak Angkatan 10

“Yang jelas, dimana ada pemilih difabelnya nanti akan dibuatkan TPS yang memudahkan difabel masuk ke bilik suara,” beber dia.

Lantaran itu, dia meminta panitia pemilu aktif mendata pemilih yang termasuk difabel. Jangan sampai difabel tidak bisa menyalurkan hak pilihnya lantaran terbatas aksesnya. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com