JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tragiss.. Kerja di Kemukus, Wanita Asal Gondang Meninggal Kena AIDS. Warga Sempat Tolak Memandikan

Ilustrasi
   
Ilustrasi

 

SRAGEN – Nasib tragis menimpa TUK (48), warga Dukuh Pulihan, RT 20, Desa Bumiaji, Kecamatan Gondang, Sragen. Sudah meninggal akibat terkena HIV/AIDS, masyarakat setempat tidak ada yang bersedia memandikan jenazahnya, lantaran takut tertular.

Wanita paruh baya itu dikabarkan mengembuskan nafas terakhir akibat didera penyakit yang hingga kini belum ada obatnya itu. Korban selama ini diketahui bekerja di kompleks obyek wisata Gunung Kemukus,  meski tak secara spesifik diketahui apa pekerjaannya.

“Awalnya memang warga tidak ada yang bersedia untuk mengurus jenazahnya. Itu karena mereka masih awam, asal mendengar omongan orang yang belum tentu benar,” kata Kepala Desa Bumiaji, Agus Sutanto, saat dihubungi wartawan Kamis (21/12/2018).

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Agus menyampaikan, dirinya mengaku tidak tahu kalau TUK positif terkena HIV/AIDS. TUK sendiri meninggal Kamis pagi. Dari informasi yang beredar di tengah masyarakat, selama ini perempuan tersebut bekerja di lokasi Gunung Kemukus, Kecamatan Sumberlawang.

“Saya sendiri sebagai lurah juga tidak dikasih tahu, kalau ada warga yang terkena HIV/AIDS, mestinya kan dikasih tahu,” urainya.

Namun setelah dokter dari Puskesmas Gondang datang ke rumah duka dan menjelaskan cara penularan penyakit AIDS, warga bisa memahami.  Setelah mendapat penjelasan bahwa digaransi tidak menular hanya dengan memandikan,  akhirnya warga baru bersedia untuk memandikan jenazah dan mengebumikan.

Agus sendiri mengaku tidak mengetahui secara persis pekerjaan TUK. Pasalnya almarhumah selama ini jarang berada di Dukuh Pulihan RT 20, tempat dia tinggal.

Baca Juga :  Gara-gara Jualan Obat Mercon Saat Bulan Suci Ramadhan Pemuda di Sragen Ditangkap Polisi Terancam Pidana

“Kalau pergi kadang tidak pulang, sebentar pergi lagi. Pergi ke mana juga tidak tahu. Pekerjaannya apa juga kurang jelas,” terang Agus.

Sementara Camat Gondang, Catur Sarjanta saat dikonfirmasi mengakui kalau ada warga Dukuh Pulihan, Desa Bumiaji yang meninggal lantaran terserang HIV/AIDS. Memang sempat beredar kabar warga tak bersedia memandikan, hingga akan dibawa ke RSUD Sragen untuk dilakukan perawatan jenazah.

“Kalau ada yang meninggal betul, tapi keluarga mau kok memandikan. Dari laporan yang ada, almarhumah memang benar positif terkena HIV/AIDS,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini