JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Piknik

Wajib Tahu, Pangeran Sambernyawa Ternyata Memiliki Petilasan yang Kini Jadi Tempat Wisata

PETILASAN SAMBERNYAWA-Pengunjung mencuci kaki dan tangan di air terjun Kalikotak, kawasan Karangtalun yang merupakan pertikaian Pangeran Sambernyawa. Joglosemarnews/Aris Arianto
   
PETILASAN SAMBERNYAWA-Pengunjung mencuci kaki dan tangan di air terjun Kalikotak, kawasan Karangtalun yang merupakan pertikaian Pangeran Sambernyawa. Joglosemarnews/Aris Arianto

WONOGIRI-Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa memiliki petilasan dengan jumlah cukup banyak dan tersebar di Kabupaten Wonogiri. Salah satunya kini dijadikan tempat wisata, bernama Karangtalun.

Karangtalun merupakan kawasan perbukitan di lereng Lawu selatan. Kawasan itu kini menjadi sebuah destinasi wisata baru di Desa Semagar, Kecamatan Girimarto. Kawasan wisata Karangtalun memiliki beberapa obyek menarik untuk dikunjungi. Antara lain air terjun Kalikotak, air terjun Kricikan, Watu Sumyang, Tanggul Asri, dan Pinus Asri.

Sekretaris Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Manggar Desa Semagar, Sularti mengatakan, beberapa obyek di Karangtalun mempunyai keunikan tersendiri. Air terjun Kalikotak dikelilingi bebatuan yang masih asri. Air terjun itu diyakini pernah disinggahi oleh Raden Mas Said atau Mangkunegara I saat bergerilya melawan Belanda.

“Kawasan Karangtalun merupakan petilasan Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa,” kata dia kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (19/1/2018).

Dia membeberkan, pengunjung yang mengendarai mobil bisa memarkirkan kendaraannya di pintu gerbang obyek wisata alam Karangtalun. Selanjutnya, mereka berjalan kaki sekitar 1,6 kilometer. Adapun pengunjung bersepeda motor bisa masuk lebih jauh, sehingga tinggal berjalan kaki sekitar satu kilometer.

Rasa lelah saat berjalan kaki tidak terasa karena di kiri dan kanan jalan setapak itu dihiasi pemandangan alam dan persawahan terasering yang elok.

“Ketika mau sampai air terjun, pengunjung bisa menyusuri sungai. Pemandangannya sangat bagus. Air terjun Kricikan itu yang kecil. Kalau yang lebih bagus dan lebih besar air itu terjun Kalikotak,” beber dia.

Adapun Pinus Asri dan Tanggul Asri ditempuh dengan menaiki bukit. Untuk mencapainya, pengunjung berjalan kaki sekitar 800 meter.

Tiket masuk kawasan Karangtalun Rp 2.000 per orang. Parkir motor Rp 2.000 sedangkan mobil Rp 5.000.

Anda tertarik mengunjunginya?.Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com