loading...
Loading...
Riadi Subagya, pemilik taksi karaoke yang menjadi populer di kota Wellington, Selandia Baru/Tribunnews.

 

Tak ingin ngantuk, jutek, atau bosan di jalan karena macet? Ternyata di negara Selandia baru ada taksi yang menyediakan karaoke. Dan lebih keren lagi, ternyata penemu taksi karaoke tersebut orang Indonesia.

Inovasi taksi karaoke itu diperkenalkan oleh seorang pria asal Indonesia bernama Riadi Subagya. Riadi sudah menjadi supir taksi selama 12 tahun.

Sebelumnya, dia bekerja sebagai pemandu wisata di Indonesia, kemudian memutuskan untuk merantau ke Selandia Baru pada tahun 1993.

Riadi menambahkan mesin karaoke di taksinya sekitar Juni 2017. Disebutkan pula, taksi Riadi adalah satu-satunya di Selandia Baru yang memberi fasilitas karaoke.

Itu pula yang diyakini menjadikan taksi karaoke ini populer di kota Wellington. Menurut Riadi, hari Jumat dan Sabtu adalah yang paling membuatnya sibuk.

 

“Mereka (penumpang baru saja selesai minum (alkohol), mereka ingin bersantai, dan ketika saya memberi mereka buku lagu, mereka memilih dan langsung bernyanyi,” ungkap Riadi.

Taksi milik Riadi Subagya ini memiliki peralatan karaoke, yaitu mikrofon yang dihubungkan ke mobil menggunakan adaptor buatannya sendiri, meisn karaoke, dan sebuah layar untuk melihat lirik di belakang kursi pengemudi.

Koleksi lagunya pun cukup lengkap, ada sekitar 2 ribu lagu mulai dari tahun 1960-an sampai pertengahan tahun 2000-an.

Riadi tak lupa menyelipkan lagu Indonesia di mesin karaokenya. Tepatnya ada lebih kurang 900 lagu Indonesia di taksi karaokenya.

Alasan mengapa Riadi menambahkan mesin karaoke di taksinya adalah karena dia gemar menyanyi.

Ketika mengantar tamu, dia menawarkan karaoke dan mereka menyukainya.

Lalu, dia memutuskan untuk terus memberikan fasilitas karaoke, sebagai ciri khasnya. Tribunnews

Loading...