JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Wow, di Tempat Ini Satu Buah Durian Beratnya Mencapai 7,5 Kilo, Mau Beli Harus Pesan Dulu

LAYANI PEMBELI-Penjual durian di tepi Jalan Pemuda, Wonogiri, melayani pembeli. Joglosemarnews/Aris Arianto
   
LAYANI PEMBELI-Penjual durian di tepi Jalan Pemuda, Wonogiri, melayani pembeli. Joglosemarnews/Aris AriantoK

WONOGIRI-Wonogiri merupakan salah satu daerah penghasil buah durian. Selain jenis lokal, ada satu jenis durian unggulan di Wonogiri yang banyak diminati penggemar buah berjuluk The King of Fruit itu, yakni durian Pogog.

Durian Pogog banyak dibudidayakan petani di Dusun Pogog, Desa Tengger, Kecamatan Puhpelem. Durian Pogog memiliki ukuran lebih besar daripada jenis lokal. Beratnya pada panen tahap pertama Desember-Januari ini mencapai 7,5 kilogram per buah.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam Gurih, Hidangan Istimewa untuk Lebaran 2024

Ketua Kelompok Tani Unggul Jati Dusun Pogog, Desa Tengger, Rimo mengungkapkan, musim panen tahun ini belum selesai. Masih ada panen tahap ke dua yang kemungkinan berlangsung Februari sampai Maret nanti. Sementara panenan pada tahap pertama ini cukup melimpah.

“Produksinya memang banyak, tapi tetap kewalahan memenuhi permintaan. Konsumen bahkan harus memesan dulu,” kata dia, Minggu (21/1/2018).

Baca Juga :  Potret Nyata Upaya Basmi DBD di Jatisrono Wonogiri, Full Kebul alias Fogging Bolo

Dia mengatakan harga durian Pogog mencapai Rp 45.000 per kilogram. Sebagian besar konsumen datang sendiri ke dusun itu untuk mencari durian Pogog. Beberapa pembeli langsung menikmatinya di tempat, namun ada pula yang dibawa pulang.

Kelompok tani durian binaannya mempunyai anggota sebanyak 135 keluarga. Setiap keluarga rata-rata mempunyai enam batang pohon durian. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com