JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bingung Cara Menyampaikan Keluhan ke Pemkab Wonogiri? Pakai Ini Saja

Bintek pengaduan online di Pemkab Wonogiri.
   
Bintek pengaduan online di Pemkab Wonogiri.

WONOGIRI–Warga Wonogiri kini tak perlu bingung ketika harus mencari cara menyampaikan keluhan maupun aduan ke Pemkab Wonogiri. Pasalnya, Pemkab tengah mempersiapkan penerapan Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (Lapor!-SP4N).

Realisasinya, Bagian Organisasi Setda Kabupaten Wonogiri melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Wonogiri di Ruang Khayangan Kompleks Setda, Kamis (22/2/2018).

Baca Juga :  Potret Nyata Upaya Basmi DBD di Jatisrono Wonogiri, Full Kebul alias Fogging Bolo

“Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik harus dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik. Pelayanan Publik harus mampu memaksimalkan saluran informasi yang tersedia saat ini, dengan membangun sistem dan aplikasi yang efektif dan efisien,” kata Sekda Wonogiri, Suharno.

Aparatur pemerintah, jelas dia, harus mampu mengikuti arus yang ada, dengan tata kelola yang baik untuk mewujudkan clean and good government. Paradigma baru pelayanan publik ini menerapkan teknologi online yang mampu diakses warga masyarakat dengan mudah, murah, dan sederhana.

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

Cara menyampaikan aspirasi, keluhan, laporan, ataupun aduan dari masyarakat ke Pemkab juga cukup sederhana. Yakni dengan mengirim SMS ke 1708 dengan format : HALOMASJEKEK (SPASI) ADUAN. Mas Jekek ini merupakan sapaan akrab Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

“Kita berharap aplikasi ini bisa memberi kontribusi tata kelola birokrasi yang lebih baik,” jelas dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com