JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Ini Kronologi Penyerangan Gereja St Lidwina Sleman

   
Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA – Empat orang mengalami luka atas penyerangan oleh seorang pelaku bernama SU (23) di Gereja St. Lidwina Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (11/2/2018) pagi.

Berdasarkan  yang berhasil dihimpun, SU menyerang jemaat yang berada di dalam gereja dengan menggunakan senjata tajam.

“Benar, (untuk motif) pelaku harus diperiksa dulu,” ujar Kabag Penum Divhumas Polri, Kombes Martinus Sitompul saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (11/2/2018).

Pasca kejadian polisi langsung mengamankan pelaku, termasuk menyita senjata tajam yang digunakan. Empat orang mengalami luka akibat insiden tersebut.

Budijono (44), mengalami luka sobek pada bagian kepala belakang dan leher bagian belakang akibat senjata tajam. Begitu pula dengan Romo Prier, yang sobek di kepala belakang.  Aiptu Munir, Aspol Polsek Gamping mengalami luka pada tangan akibat senjata tajam. Martinus Parmadi Subiantara mengalami luka pada  punggung akibat senjata tajam.

Baca Juga :  Nyaris Pecah Perang Sarung, 7 Pemuda di Yogya Ini Diringkus Polisi

Peristiwa bermula, saat pelaku masuk dari pintu gereja bagian barat dan langsung menyerang korban Martinus Parmadi Subiantoro dan mengenai punggung sehingga jemaat yang berada di belakang kanopi membubarkan diri.

Pelaku masuk ke gedung utama gereja sambil mengayun-ayunkan senjata tajam sehingga para jemaat juga membubarkan diri.

Selanjutnya pelaku berlari ke arah koor dan langsung menyerang romo Prier yang sedang memimpin misa dan pelaku masih menyerang para jemaat yang masih berada di dalam gereja dan mengenai korban Budi Purnomo dengan masih mengayun ayunkan senjata tajamnya.

Baca Juga :  Warga Gunungkidul Ini Tewas Terlentang dengan Daun Salam Terpegang di Tangan Kirinya

 

Menurut Martinus, petugas Polsek Gamping yang dihubungi via telepon mendatangi lokasi, kemudian melakukan negosiasi kepada pelaku agar menyerahkan diri.

“Namun, pelaku berusaha menyerang petugas sehingga petugas mengeluarkan tembakan peringatan dan pelaku masih saja menyerang petugas mengenai tangan Aiptu Al Munir,” ujar Martinus.

Petugas terpaksa mengeluarkan tembakan ke arah pelaku dan mengenai perut pelaku sehingga dapat dilumpuhkan.

“Pelaku dibawa ke RS. UGM,” ujar Martinus. Tribunnews

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com