JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Jelang Pilkada, KPU Karanganyar Bagi Tips Bagaimana Memilih Calon Pemimpin Secara Cerdas. Berikut Tipsnya!

Sosialisasi Pemilu untuk pemilih pemula oleh KPU Karanganyar. Foto/Humas Pemkab
   
Sosialisasi Pemilu untuk pemilih pemula oleh KPU Karanganyar. Foto/Humas Pemkab

KARANGANYAR–  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar mengajak kepada pemilih pemula menjadi pemilih cerdas untuk memilih pemimpin mereka sebagai perwujudan kadulatan rakyat.

Hal tersebut dikatakan oleh Komisioner KPU Karanganyar, Divisi Keuangan Umum dan Logistik,Triastuti Suryandari, sebagai salah satu narasumber dalam sosialisasi yang diadakan di Gedung Koperasi Guru Karanganyar, Selasa (20/2/2018).

Triastuti memberikan arahan kepada pemilih pemula, terutama para pelajar yang datang dalam acara Sosialisasi Pilkada Serentak Bagi Pemilih Pemula dan Perempuan Karanganyar.

Adapun penjelasan dari KPU mengenai hak pilih antaranya, genap berusia 17 tahun, tidak sedang terganggu jiwa, tidak dicabut hak pilihnya, berdomisili di daerah pemilihan sesuai KTP, dan tidak sedang menjadi anggota TNI/Polisi.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Cara memilih yang cerdas antara lain pertama pastikan nama tercantum dalam pemilih tetap, hindari menerima informasi kampanye hitam, waspada gerakan politik uang,” katanya.

Tak hanya itu saja, dia juga meminta agar jangan memilih dorongan faktor keluarga atau isu SARA, datang ketempat TPS pada waktunya, mencoblos dengan benar dan mencelupkan jari dalam tinta.

Selain itu tips pemilih cerdas untuk pemula harus mengetahui visi misi pasangan calon, menggali idealisme, tonton debat pasangan calon, re-check semua informasi calon pasangan, cari info rekam jejak pasangan, serta mencari sumber berita yang netral.

Dalam sosialisasi tersebut KPU menjelaskan diadakannya Pilkada di Jawa Tengah yang berlangsung pada hari Rabu, 27 Juni 2018 dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur adapun pasangan calon nomor urut satu yakni (H. Ganjar Pranowo.- H.Taj Yasin) dan calon nomor urut dua yakni (Sudirman Said-Ida Fauziyah).

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Sedangkan untuk Kabupaten Karanganyar pada pemilihan Bupati Karanganyar dan Wakil Bupati Karanganyar adapun pasangan calon nomor urut satu Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih dan calon nomor urut dua Juliyatmono – Rober Christanto.

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Karanganyar, Agus Cipto Waluyo mengatakan penyelenggaraan pemilu yang bebas dan berkala menjadi prasyarat sistem politik demokrasi.

“Pemilu merupakan salah satu sarana kedaulatan rakyat dimana rakyat dapat memilih wakil dan pimpinan mereka untuk menjalankan pemerintahan,” katanya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com