JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kerjasama PMI Swis dan PMI Wonogiri, Digadang-gadang Bisa Ditindaklanjuti Pembentukan Tim SIBAT Tiap Desa

Kunjungan delegasi PMI Swis ke Wonogiri. Dok. Humas Pemkab Wonogiri
ย ย ย 
Kunjungan delegasi PMI Swis ke Wonogiri. Dok. Humas Pemkab Wonogiri

WONOGIRIโ€“Wakil Bupati Edy Santosa menyebutkan kerjasama antara International Federation of Red Cross and Red Crescent Societias (IFRC) Swiss dengan PMI Wonogiri sudah berjalan tiga tahun. Diharapkan kerjasama tersebut bisa ditindaklanjuti dengan pembentukan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di tiap desa.

Menurut Wabup, Tiga tahun sudah, tambah Wabup, IFRC Swis dan PMI melaksanakan program Masyarakat Tangguh Banjir (MTB). Mereka membekali masyarakat dengan berbagai keterampilan dasar dalam pertolongan pertama, water rescue, serta pelatihan-pelatihan bagi SIBAT.

โ€œSIBAT inilah yang menjadi motor penggerak kegiatan kemanusian di desa-desa di Wonogiri,โ€ ujar Wabup, Kamis (1/2/2018).

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Tim SIBAT yang sudah dilatih, jelas dia, ada di tiga desa, yakni Gedong (Ngadirojo), Ngadipiro (Nguntoronadi), dan Gumiwang Lor (Wuryantoro). Tiga desa sudah memberikan karya nyata dalam respon tanggap darurat bencara banjir di Wonogiri akhir 2017 lalu.

โ€œKerja SIBAT dimana-mana, dari evakuasi, dapur umum, psikologi atau trauma healing. Hal ini akan menjadi contoh yang bagus sekali, apabila di setiap desa ada SIBAT, maka tugas Pemerintah Desa akan semakin ringan karena tim SIBAT siap digerakkan untuk membantu,” tandas dia.

Pemkab sendiri juga berperan aktif dalam mendampingi kegiatan ini dengan mengembangkan kegiatan desa tangguh bencana.

Baca Juga :  Mudik Lebaran 2024, 196 Juta Perantau Bakal Pulkam

โ€œHarapan kami, PMI mampu meningkatkan jumlah desa yang mempunyai tim SIBAT. Karena Wonogiri ini luas, ada 294 desa, sementara baru 3 desa yang disupport oleh kegiatan ini,โ€ imbuh Wabup.

Sementara Pemkab Wonogiri dan PMI Kabupaten Wonogiri mendapat kunjungan dari delegasi IFRC Swis, Zurich Insurence,ย serta Palang Merah Indonesia (PMI) pusat, Rabu (31/1/2018). Kunjungan Francisco Lani (IFRC Swiss), Giogia Ferrario (IFPC Indonesia), David Nash (Zurich Swiss), Wirahadi Suryana (Presdir Zurich Insurance Indonesia), Letjen Purn. Sumarsono (PMI Pusat) dan rombongan delegasi lainnya diterima Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, SH di ruang Gunung Gandul Kompleks Setda Wonogiri. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com