JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Penasaran, Dokter Bedah Kenakan Pakaian Hijau atau Biru? Ini Alasannya

Tribunnews
   
Tribunnews

Banyak yang tidak tau alasan dokter mengenakan pakaian beberapa warna saat masuk ruang operasi, yakni ada yang mengenakan warna hijau , dan ada yang memakai warna biru. Nah, hal ini ternyata tak lepas dari sejarah perjuangan para dokter tersebut di seluruh dunia.

Dahulu, sebenarnya para dokter bedah menggunakan pakaian warna putih saat memasuki ruang operasi. Namun akhirnya tahun 1941 baju putih resmi digantikan baju dengan padanan hijau muda dan biru.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Ternyata ini terkait dengan keberadaan darah yang berwarna merah gelap. Saat tim medis melakukan operasi bedah, warna merah darah dapat menyebabkan ‘kebutaan sementara’ bagi para dokter.

Sebab setelah mereka fokus melihat warna merah darah, para dokter akan mengalami ‘kebutaan sementara’ saat mengalihkan pandangan pada pakaian dokter lain yang berwarna putih.

Semenjak itu, warna hijau muda dan biru  yang dianggap berseberangan dengan warna merah darah, lantas digunakan sebagai warna dominan pada pakaian para dokter bedah.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Dan hasilnya, penggunaan warna hijau muda dan biru yang kontras dengan warna darah tak hanya meningkatkan fokus dan kualitas penglihatan tim medis. Kedua warna itu juga membantu para dokter bedah membedakan warna merah tua dan merah muda.

Alhasil , warna pakaian dokter hijau muda dan biru tersebut dapat meningkatkan kewaspadaan dokter bedah saat melakukan operasi pada tubuh pasien. Hal ini pun menghindarkan para dokter bedah dari  kesalahan saat proses operasi. Tribunnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com