JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Penemuan 5 Kuburan Masal Baru, Buktikan Ada Genosida di Rohingya

   
Ilustrasi/Tribunnews

Utusan khusus PBB untuk Myanmar, Yanghee Lee, mengatakan terkuaknya lima kuburan massal yang belum pernah dilaporkan menunjukkan tanda-tanda genosida atau pembunuhan besar-besaran secara berencana terhadap Muslim Rohingya di Negara Bagian Rakhine.

Bukti adanya lima kuburan massal baru dilaporkan oleh kantor berita Amerika Serikat, Associated Press (AP). Disebutkan pembunuhan massal kemungkinan terjadi dalam operasi militer pada akhir Agustus 2017 lalu di Desa Gu Dar Pyin, Buthidaung, Rakhine.

Di dalam lima kuburan massal tersebut diperkirakan terdapat 400 jenazah.

“Ya, saya pikir penemuan ini merupakan bagian dari tanda-tanda adanya genosida dan kita harus melakukan penyelidikan,” tegas utusan khusus PBB untuk Myanmar, Yanghee Lee, Kamis (01/02).

“Sebelum Myanmar dan rakyatnya dan transisi demokrasinya melangkah lebih jauh, saya pikir Myanmar perlu membersihkan bagasinya: Anda melakukannya, atau tidak? Dan jika mereka terbukti melakukannya, maka harus ada pertanggung jawaban dan akuntabilitas,” tambahnya.

Sebelumnya pemerintah Myanmar membantah semua laporan tentang pembunuhan massal dan menuding Rohingya sebagai pihak yang berada di belakang kekerasan.

Namun ketika dimintai komentarnya tentang penemuan kuburan-kuburan massal baru ini, Menteri Besar Negara Bagian Rakhine, Tin Maung Swe, pihak berwenang akan menyelidiki penemuan itu.

“Kami baru saja mendengar berita ini dan meminta para pejabat setempat untuk mencari tahu dan mengecek benar atau tidak.”

Rohingya tidak diakui sebagai warga negara Myanmar oleh pemerintah Myanmar karena menganggapnya sebagai pengungsi gelap dari Bangladesh dan menyebut mereka dengan istilah lain, seperti orang Bengali.

Militer Myanmar pertama kalinya akui terlibat pembunuhan Muslim Rohingya

Wartawan AP, Foster Klug, menjelaskan kepada BBC bagaimana pihaknya mengindentifikasi kuburan massal dengan mencocokkan citra satelit dan rekaman video dengan kesaksikan para warga.

“Kami menggalinya dengan mewawancarai sekitar 30 penduduk desa tentang diskripsi rinci dari kuburan-kuburan massal itu, lokasinya di desa, apa saja yang ada di dalamnya. Begitu kita mendapat keterangan rinci maka kita cocokkan dengan keterangan warga desa lain untuk memetakan lokasi kuburan-kuburan massal tersebut,” papar Foster Klug.

Menurutnya, kemungkinan besar masih terdapat kuburan massal lain yang belum ditemukan di Rakhine. Lima kuburan massal ditemukan di Desa Gu Dar Pyin, Buthidaung.

Dari kawasan perkotaan kecil itu, ratusan ribu Muslim Rohingya terpaksa mencari perlindungan ke Bangladesh selama beberapa bulan terakhir. Tribunnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com