JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sayang, Wonogiri Tidak Punya Atlet Gantole, Padahal Punya Potensi Segudang

Atlet gantole meluncur dari puncak bukit Joglo, Wonogiri. JSNews/Aris Arianto
   
Atlet gantole meluncur dari puncak bukit Joglo, Wonogiri. JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI-Hingga kini Wonogiri belum memiliki atlet atau pilot gantole. Padahal Wonogiri memiliki segudang potensi dalam hal olahraga dirgantara tersebut.

Ketua Persatuan Gantole dan Paralayang Indonesia (PGPI) Djoko Bisowarno mengatakan
sudah saatnya Wonogiri memiliki atlet gantole sendiri. Pasalnya, sangat eman-eman potensi alam yang dipunyai Wonogiri belum dimaksimalkan dari sisi insaninya. Selama ini olahraga gantole di Wonogiri, baru “dinikmati” atlet daerah lain.

“Puncak Joglo (landasan pacu gantole di atas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri) merupakan tempat terbaik paralayang dan gantole nomor cross country di Indonesia setelah Palu dan Sumedang,” terang Djoko, Minggu (11/2/2018).

Baca Juga :  Siapa Saja Calon Bupati Wonogiri 2024?

Menurut dia, ketika atlet sudah dipunyai, maka pengembangan wisata olahraga dirgantara semakin baik. Kebanggaan tehadap potensi lokal bakal kian besar.

Menurut dia, lokasi peluncuran gantole di Bukit Joglo, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, memiliki lintasan dan termal atau pergerakan udara vertikal terbaik. Atlet bahkan bisa menempuh jarak jauh hingga ke utara Jawa Tengah.

“Hal inilah yang menjadi daya tarik atlet dalam negeri maupun mancanegara, “kata dia.

Wonogiri, jelas dia, sering menjadi lokasi even paralayang maupun gantole. Puncak bukit Joglo yang memiliki ketinggian 650 meter diatas permukaan laut merupakan landasan pacu merupakan favorit pilot. Lokasi itu juga cocok dikembangkan menarik wisatawan. Mengingat keberadaannya begitu dekat dengan Waduk Gajah Mungkur serta deretan perbukitan eksotis.

Baca Juga :  Mulai 2024 Anggota DPRD Tak Boleh Ikut Studi Banding Lagi

Pilot pemegang rekor lintas alam terjauh, Hening Paradigma mengakui potensi Wonogiri. Menurut dia, keunggulan Wonogiri yakni potensi termal bagus yang memudahkan pilot mencapai ketinggian 2.500 mdpl. Terlebih lagi, adanya waduk dan bukit batu kapur menjadi salah satu potensi termal terbaik.

Direktur BUMDes Sendang Pinilih, Desa Sendang, Wonogiri, Sukamto mengatakan, saat ini tengah menggembleng anak muda berbakat untuk dijadikan pilot. Sangat sayang jika potensi yang ada tidak dikembangkan secara optimal. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com