JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Turus Jalan Membahayakan di Wonogiri Bakal Ditebangi, Banyak Permintaan Masuk Antisipasi Pohon Tumbang

Petugas DPU Wonogiri menebang turus jalan di tepi jalan wilayah Kecamatan Ngadirojo, Kamis (15/2/2018).
   
Petugas DPU Wonogiri menebang turus jalan di tepi jalan wilayah Kecamatan Ngadirojo, Kamis (15/2/2018).

WONOGIRI–Sejumlah pihak melaporkan ke dinas soal banyaknya turus jalan yang membahayakan. Mereka meminta dinas segera menebang atau memangkasnya.

Informasi yang dihimpun, turus jalan yang membahayakan seperti condong ke arah jalan banyak dijumpai di wilayah Kecamatan Wonogiri, ruas jalan Ngadirojo-Baturetno, maupun Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro. Sekitar puluhan batang pohon aneka jenis berdiri condong ke arah jalan dan sangat membahayakan. Puluhan pohon tersebut memiliki diameter batang bawah sekitar 50 sentimeter dan memiliki tinggi 30 meter.

“Saya khawatir kalau ada angin besar dan tiba-tiba ambruk. Sebab pohon-pohon itu ada yang sudah tua,” kata Astrini, pengendara yang mengaku kerap melintas kawasan Alas Kethu, Kecamatan Wonogiri, Kamis (15/2/2018).

Baca Juga :  Lebaran 2024 Telah Berlalu Saatnya Kembali ke Rutinitas, Bekerja dan Belajar Bolo

Menurut dia, hanya satu cara bisa ditempuh supaya kekhawatirannya tidak menjadi kenyataan. Pohon turus jalan itu harus segera ditebang atau minimal dipangkas, terutama yang condong ke jalan atau dahannya berada di atas jalan.

Senada, pengendara sepeda motor yang setiap harinya melintasi jalur Ngadirojo-Baturetno, Sintia meminta segera dilakukan penebangan turus jalan berbahaya. Dia mengaku selalu melaju pelan dan bergeser menjauh dari bawah turus setap kali melintas.

Dia menyebutkan, pernah terjadi pengendara sepeda motor tewas di tempat. Ketika sebuah pohon pinggir jalan ambruk dan menimpa pengendara naas itu.

Baca Juga :  Qadha Puasa Ramadhan Bisa Dimulai dari Tanggal ini, Catat Supaya Tidak Lupa

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri, Sri Kuncoro melalui Kabid Bina Marga, Prihadi Ariyanto mengungkapkan, telah dan terus melaksanakan pemangkasan dan pemotongan pohon turus jalan. Terlebih, masih ada laporan-laporan dari masyarakat yang meminta adanya pemangkasan.

Sampai saat ini, pihaknya telah memangkas dan memotong pepohonan di berbagai titik ruas jalan. Antara lain di ruas jalan Pokoh-Klerong, jalan Klerong-Malangsari, jalan Slogohimo-Bulukerto, jalan Karangturi-Tirtomoyo, serta di sekitar Kecamatan Sidoharjo, Ngadirojo, dan Wonogiri kota. Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi musibah akibat tertimpa pohon patah atau tumbang. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com