JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Awas… Bank Indonesia Rilis Ada 991 Rekening Nasabah Bank Mandiri Kena Skimming!

Skimming. Dok/Tempo.Co
   
Skimming. Dok/Tempo.Co

SURABAYA- Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Timur meminta industri perbankan mengecek ulang sistem dan data nasabah agar tidak mudah bocor. Hal ini dilakukan menyusul adanya sejumlah kejahatan skimming di BRI Kediri dan Bank Mandiri Graha Pena Surabaya.

Kepala BI Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah, mengatakan bank sentral telah menerima laporan kasus skimming yang menimpa nasabah Bank Mandiri cabang Graha Pena Surabaya dan meminta bank untuk mengganti uang nasabah yang hilang. Tak tanggung-tanggung ternyata dari data yangmasuk, total sejauh ini ada 991 nasabah Bank Mandiri yang menjadi korban skimming atau pembobolan rekening.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Ada sekitar 991 nasabah yang kena skimming, saya tidak tahu persisnya berapa nilainya, tapi itu sudah diganti oleh Bank Mandiri. Sebagian data nasabah yang bocor sudah langsung diblokir oleh bank,” kata Difi, Rabu (21/3/2018).

Difi menguraikan perbankan memang harus berhati-hati terhadap kecanggihan teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh oknum untuk kejahatan. Selain itu, pihaknya meminta nasabah untuk menggunakan mobile banking untuk keamanan dan kenyamanan bertransaksi.

Lebih jauh Difi menyebutkan meski penggunaan mobile banking akan lebih aman, dan nyaman, nasabah juga harus awas diri. “Selain itu nasabah juga harus menjaga kerahasiaan datanya, sering mengganti PIN, dan selalu mengecek kondisi mesin ATM sebelum memasukan kartunya,” tuturnya.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Sebelumnya ratusan nasabah mendatangi Bank Mandiri KCP Surabaya Graha Pena untuk melaporkan adanya pemotongan saldo yang tidak dilakukan nasabah. Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan pihaknya tengah menyelidiki kasus duit raib mendadak milik nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Graha Pena, Surabaya, Jawa Timur.

“Sedang kami selidiki, apakah ini karena kejahatan skimming juga atau tidak,” ucap Rohan Senin (19/3/2018).

Namun, bila terbukti hilangnya uang nasabah Bank Mandiri karena praktik skimming, menurut Rohan, pihaknya siap mengganti. “Jika terbukti karena skimming kami akan ganti uang nasabah yang raib,” ujarnya. Tempo.Co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com