JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kemenhub Resmi Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2018. Disediakan 87.000 Kursi, Simak Cara Daftar dan Jadwalnya!

Mudik gratis. Foto/Tempo.co
   
Mudik gratis. Foto/Tempo.co

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan program mudik gratis untuk 87 ribu pemudik yang menggunakan sepeda motor pada lebaran 2018. Tahun lalu, Kemenhub juga menyelenggarakan kegiatan yang sama untuk 46 ribu pemudik.

“Kami ada program mudik gratis. Saya mengharapkan jangan menggunakan motor pulang kampung,” paparnya di Stasiun Kota, Minggu (25/3/2018).

Budi menguraikan bagi pemudik sepeda motor yang ingin mengikuti progam ini, dapat mendaftarkan diri di Stasiun Kota dan beberapa titik lainnya.

Mereka akan dilayani olrh beberapa loket pendaftaran yang sudah disediakan. Selain itu Kemenhub juga membuka posko pendaftaran di seluruh Dinas Perhubungan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, juga di Stasiun Bogor.

Baca Juga :  Masinton Sebut Tak Ada Urgensinya Megawati Temui Presiden Jokowi

Kemenhub menganggarkan program mudik kali ini Rp 90 miliar untuk perjalanan yang menggunakan kereta api, bus dan kapal laut.

“Untuk perjalanan udara, tidak ada mudik gratis, tapi kami memberikan layanan yang lebih baik, bandara akan beroperasi 24 jam,” tutur Budi Karya.

Syarat yang dibutuhkan untuk mengikuti mudik gratis ini, pemudik hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Jika pemudik membawa sepeda motor, harus menyertakan Surat Izin Mengemudi dan Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Selain pendaftaran di loket, calon pemudik dapat mendaftar secara online di www.mudikgratis.debhub.go.id.

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

Ada 32 kota tujuan program mudik gratis ini, yaitu Cirebon, Tgal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Blora, Purwodadi, Salatiga, Boyolali, Solo, Sragen, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto, Cilacap, Ciamis, Tasikmalaya, Banjar, Kuningan, Madiun, dan Padang.

Untuk keberangkatannya, para pemudik akan diberangkatkan pada 9 hingga 13 Juni 2018 dengan keberangkatan dari Silang Monas.

Keberangkatan dari Tangerang, akan dilakukan pada 10 Juni 2018. Lalu di Kota Depok dan Bogor akan diberangkatkan pada 11 Juni 2018 dan keberangkatan dari Bekasi pada 12 Juni 2018.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com