JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Misteri Bau Bangkai di Waduk Gajah Mungkur Terungkap, Pengusaha Pakan Ternak Akui Limbah Ikan Bikin Tak Sedap

Bangkai ikan dikeringkan di pinggir WGM, sebelum diolah menjadi pakan ternak
   
Bangkai ikan dikeringkan di pinggir WGM, sebelum diolah menjadi pakan ternak

WONOGIRI-Teka-teki soal bau busuk mirip bangkai yang dikeluhkan pengunjung dan warga sekitar Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, terjawab. Sumber bau berasal dari limbah ikan pengolahan pakan ternak di sekitar WGM.

Salah seorang pengusaha pengolahan bahan baku pakan ternak dari ikan-ikan mati, Puji Oliv (40), saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurut dia limbah ikan yang dia jemur di pinggir WGM memang  menimbulkan bau kurang sedap.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

“Baunya memang tidak sedap, karena limbah ikan,” kata dia, Minggu (4/3/2018).

Namun, warga Dusun Dawe RT 2 RW 14, Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro itu tidak mau jika hanya tempat usahanya yang dituding menimbulkan polusi udara. Pasalnya, menurut dia, masih banyak usaha sejenis di sekitar WGM.

“Sebab usaha kami masih berskala  kecil-kecilan, rata-rata hanya 5 kuintal perbulan dengan harga Rp 5 ribu perkilo. Malah ada perusahaan lain yang sampai mengolah berton-ton perhari,” ungkap dia.

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

Dia menambahkan, ribuan nila yang sudah menjadi bangkai itu dikumpulkan dari para nelayan sekitar waduk. Limbah ikan itu selanjutnya dikeringkan, untuk kemudian diolah menjadi pakan ternak, terutama bebek. Pakan ternak banyak dikirim ke daerah Wonosari, DIY. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com