JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Seleksi CPNS 2018, Simak Ini Bocoran Jadwal Tanggalnya dari Menpan-RB

Ilustrasi Rekrutmen CPNS
   
Ilustrasi Rekrutmen CPNS

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan potensi masing-masing daerah akan menjadi pertimbangan dalam menentukan konsentrasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Ia juga mengisyaratkan tes CPNS 2018 bakal digelar 10-20 hari pascapelaksanaan Pilkada serentak 27 Juni 2018.

“Jadi misalnya kalau potensi daerahnya pertanian kami akan lebih berat pada pegawai yang punya latar belakang pertanian,” ujar Asman di kantor Kementerian PANRB, Jakarta Selatan, Jumat (23/3/2018).

Menurut Asman hal tersebut menjadi salah satu faktor penentu formasi penerimaan CPNS yang dijadwalkan rampung sebelum Mei 2018. Selain itu, besaran belanja pegawai pemerintah daerah serta kemampuan keuangannya akan menjadi pertimbangan.

Baca Juga :  Jelang Pengumuman Sengketa Pilpres Cak Imin Unggah Foto Bareng Sufi Dasco Gerindra, Sinyal Gabung Prabowo?

“Jadi kalau daerah yang belanja pegawainya melebihi 50 persen tidak akan kami berikan formasinya,” ujar Asman.

Asman menguraikan tes penerimaan CPNS 2018, akan dilaksanakan seusai pemilihan kepala daerah. Menurut perhitungan Badan Kepegawaian Negara (BKN), tes akan dilangsungkan 10-20 hari setelah pencoblosan yang jatuh pada 27 Juni 2018.

Artinya, dimungkinkan tes akan digelar di rentang bulan Juli 2018. Kementerian PANRB juga menargetkan jumlah pendaftar yang diterima 60-70 persen dari total 220 ribu orang pegawai yang akan pensiun tahun ini. Hal ini sesuai dengan sistem minus growth yang diterapkan pemerintah.

Baca Juga :  Usai Lengser Jokowi Masih Ingin Punya Pengaruh? Pakar: Bisa Lewat Gibran, Asalkan…

“Jadi nanti jumlah yang diterima tidak akan melebihi jumlah pensiunan,” papar Asman.

Asman mengatakan, 2018 merupakan tahun reformasi birokrasi karena sistem rekrutmen akan menjadi salah satu aspek yang akan dibenahi.

Menurutnya, penerimaan CPNS harus melalui satu pintu, yaitu tes penerimaan, tidak boleh ada lagi penerimaan PNS tanpa tes.

Pembenahan proses rekrutmen CPNS sudah dimulai sejak 2017, ketika pemerintah membuka formasi 37 ribu posisi CPNS untuk 60 kementerian dan lembaga. Dari alokasi itu, 10 persen di antaranya disyaratkan lulus dengan predikat cum laude.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com