JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Embung Tak Hanya Jadi Penyuplai Pengairan, Bisa Dongkrak Wisata Juga

Pengunjung menikmati panorama Embung Doho, Girimarto, Kamis (19/4/2018).JSNews/Aris Arianto
   
Pengunjung menikmati panorama Embung Doho, Girimarto, Kamis (19/4/2018).JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI-Keberadaan embung, bukan hanya bisa menjadi solusi kebutuhan air bagi pertanian. Embung ternyata bisa menjadi sarana mendongkrak sektor wisata suatu daerah.

Gatot Adjie Soetopo pembina Yayasan Obor Tani mengungkapkan hal tersebut di sela peresmian Embung Doho Wonogiri dan Embung Banyu Kuwung di Desa Doho, Kecamatan Girimarto, Wonogiri, Kamis (19/4/2018).

“Embung ketika dikelola secara maksimal mendatangkan kunjungan wisatawan, secara otomatis pariwisata terdongkrak,” kata dia.

Baca Juga :  Overkendel! Lebaran di Penjara Gegara Main Sabu di Wonogiri

Dia mencontohkan keberadaan Embung Nglanggeran di komplek gunung api purba, Gunung Kidul, DIY. Pengelola tidak sebatas memanfaatkan air untuk irigasi. Melainkan menyulapnya menjadi spot selfie yang menarik.

“Setiap akhir pekan, kunjungan selalu membludak,” sebut dia.

Lantaran itu pihaknya selalu pelaksana pembangunan embung menyatakan, kedua embung bisa dikelola dengan baik. Terlebih Embung Doho dengan luas 1,5 hektare, bisa menampung 15 juta liter air menjadikannya embung ke 68 sekaligus terbesar yang pernah dibangun.

Baca Juga :  Mulai 2024 Anggota DPRD Tak Boleh Ikut Studi Banding Lagi

“Kami percaya metode menabung air di musim hujan melalui embung, memberikan manfaat yang nyata. Baik bagi pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, wisata, bahkan air baku PDAM. Sehingga potensi desa dapat diperkuat,” terang dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com