JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kesadaran Politik Perempuan Wonogiri Belum Optimal

Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno bertukar cinderamata dengan legislator perempuan Kota Jogjakarta
ย ย ย 
Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno bertukar cinderamata dengan legislator perempuan Kota Jogjakarta

WONOGIRI-Kesadaran dalam berpolitik bagi perempuan di wilayah Wonogiri masih perlu terus ditingkatkan. Hal itu penting, pasalnya ketika perempuan mampu duduk di kursi dewan, dapat memberikan kontribusi nyata terhadap perubahan arah kebijakan pemerintahan.

Hal itu disampaikan oleh Anggota DPRD Provinsi Jateng, Joko Purnomo, Selasa (3/4/2018).

โ€œKesadaran berpolitik perempuan masih perlu ditingkatkan. Politik sebenarnya sudah memberikan peluang bagi perempuan untuk tampil, tapi belum dioptimalkan,โ€ kata dia

Dia menuturkan perempuan, memiliki peluang yang besar untuk menduduki kursi legislatif di berbagai tingkatan. Terlebih secara demografi, jumlah perempuan lebih banyak dibanding laki-laki. Hanya saja kekuatan politik perempuan belum terkonsolidasi dengan baik. Sebagai contoh, dari 45 kursi di DPRD Wonogiri, baru 4 buah diantaranya yang berhasil diduduki kaum perempuan.

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

Menurut dia, demokrasi yang sehat, kuat dan produktif harus memperhatikan kesetaraan dan keadilan gender. Perempuan harus berani ambil bagian dalam proses-proses politik di indonesia, termasuk ikut berkompetisi dalam pemilihan anggota legislatif.

Baca Juga :  Spirit Sekolah Kuncara, Menggema saat Halalbihalal di Girimarto Wonogiri

โ€œApalagi ada ungkapan, bahwa dibalik lak-laki yang sukses pasti ada perempuan hebat. Artinya pada diri perempuan sebenarnya tersimpan kekuatan mengambil keputusan yang tepat,โ€ tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Mat Nawir mengungkapkan, peluang politik yang terbuka bagi perempuan, sudah semestinya dioptimalkan. Dia mencontohkan ketika ada pembukaan pendaftaran bakal calon legislatif, perempuan yang merasa memiliki kemampuan, seharusnya ikut mendaftar. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com