JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tips Atasi Banjir dari BNPB, Bisa Diterapkan Untuk Daerah Rawan Seperti Bandung

Banjir yang melanda kawasan Pasteur Bandung, Sabtu (21/4/2018) sore.
   
Banjir yang melanda kawasan Pasteur Bandung, Sabtu (21/4/2018) sore.

BANDUNG-Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan, banjir yang menggenang di wilayah Pasteur Bandung, dan daerah lainnya, bukan yang pertama kali. Tapi frekuensi banjir saat ini makin sering terjadi. Bahkan intensitasnya makin meningkat.

“Kota Bandung yang berada di dataran tinggi saat ini menjadi rawan banjir. Dampak perubahan penggunaan lahan yang masif yang mengabaikan lingkungan dan konservasi tanah dan air menyebabkan Kota Bandung menjadi rawan banjir. Kapasitas drainase dan sungai sudah tidak mampu menampung aliran permukaan,” kata dia dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (22/4/2018).

Menurut dia, ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan menanggulangi banjir. Tata ruang harus menjadi panglima dalam pembangunan. Tidak bisa semua diserahkan pada ekonomi pasar yang semua orang bisa membangun dimanapun. Kawasan konservasi dan resapan air harus dipertahankan. Interaksi antara hulu-tengah-hilir daerah aliran sungai harus diperhatikan.

Baca Juga :  23 Orang Meninggal Selama Lebaran 2024

“Selama pembangunan hanya mengejar pertumbuhan ekonomi dengan mengabaikan lingkungan maka yang terjadi adalah bencana meningkat,” tegas dia.

Penanganan banjir tidak bisa ditangani hanya saluran drainase. Tapi harus komprehensif. Banjir hanya dilihat sebagai peristiwa sesaat yang penanganannya hanya bersifat simtomatis, tidak menyeluruh.

Khusus Bandung, sebut dia, setiap terjadi banjir sulit memperoleh data sebaran dan dampak banjir. Pemda Bandung dan DPRD hingga saat ini belum mau membentuk BPBD. Mereka beranggapan Bandung aman. Tidak rawan bencana. Padahal selain banjir, gempa juga mengancam. Urusan bencana hanya diserahkan pada dinas teknis yang menangani saat darurat tanpa memiliki kewenangan koordinasi, komando dan pelaksana.

Baca Juga :  Mengenal Pemanfaatan Program Indonesia Pintar di Ujung Barat Laut Wonogiri

“Harusnya benahi segera. Kota Bandung banyak ahli planologi, lingkungan dan lainnya. Ajak para ahli untuk mengaudit yang ada. Jika tidak Kota Bandung akan makin berkutat dengan banjir yang makin meningkat. Mumpung belum terlanjur parah seperti Jakarta, kawasan Sungai Citarum di Kabupaten Bandung dan lainnya,” tandas dia.

Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi sungai. Kendaraan terjebak banjir dan kemacetan parah. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com