JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

1.037 Warga Wonogiri Terkena Gondok, 46 Dioperasi Gratis Sisanya Masih Dalam Proses

Bupati Joko Sutopo memberikan semangat kepada pasien RSUD SMS Wonogiri.
   
Bupati Joko Sutopo memberikan semangat kepada pasien RSUD SMS Wonogiri.

WONOGIRI-Jumlah penderita penyakit gondok yang terdata di Wonogiri mencapai 1.037 orang. Mereka diupayakan untuk menjalani operasi.

“Sebelum menjalani operasi, para pasien harus terlebih dahulu mengikuti proses screening. Jumlah penderita yang telah melalui proses screening sebanyak 786 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, Adhi Dharma, Selasa (29/5/2018).

Adapun para penderita yang telah dirujuk dari Puskesmas untuk dioperasi mencapai 179 orang. Rujukan adalah untuk menjalani operasi secara bertahap di RSUD Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri.

Baca Juga :  Mulai 2024 Anggota DPRD Tak Boleh Ikut Studi Banding Lagi

Sebanyak 46 penderita penyakit gondok telah selesai menjalani operasi gratis yang diselenggarakan oleh Pemkab Wonogiri. Sementara 44 orang penderita gondok lainnya menjalani operasi secara mandiri dengan menggunakan biaya sendiri atau BPJS Kesehatan yang mereka miliki. Di sisi lain, sebanyak 116 orang penderita masih dalam daftar tunggu operasi gondok.

Adapun sebanyak 17 orang penderita tidak bisa melanjutkan ke tahap operasi karena beberapa faktor. Antara lain karena hamil, masih di bawah umur, wanita usia subur, ada dugaan keganasan atau tumor ganas, serta pasien atau pihak keluarga menolak dioperasi.

Baca Juga :  Ramadhan di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri, Target Khatam Alquran 20 Hari dan Berbagi Kebaikan

Selain itu, ada beberapa pasien yang tidak perlu menjalani operasi karena penyakit gondoknya masih pada level 1A atau belum membesar. Pasien pada level tersebut masih bisa disembuhkan dengan berobat jalan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com