JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

3 Koruptor Pesawat Lawu Air Karanganyar Dituntut 1 Tahun 3 Bulan Penjara

“ Tuntutan JPU tersebut sudah tepat, karena memang kerugian negara telah dikembalikan. Dalam kasus ini, tidak hanya menghukum terdakwa, tetapi meyelematkan dan mengembalikan kerugian negara, ” kata heru melalui telepon selularnya, Rabu (02/05/2018).

Sementara itu, terkait dengan tuntutan terhadap ketiga terdakwa, mendapat tanggapan dari aktifis anti korupsi Karanganyar, Ganden Sutarwa.

Menurut Ganden, tuntutan tersebut tidak wajar, karena  tuntutan ini tidak memberikan efek jera terhadap para pelaku tindak pidana korupsi. Dijelaskannya, jika diterapkan, justr tuntutannya lebih dari 5 tahun.

Baca Juga :  Turun ke Level 2, Pasar Wisata Mbatok Siap Dibuka

“ Walaupun kerugian Negara telah dikembalikan, itu tidak menghappus perbuatan pidana. Yang dipidana kan perbutannya, bukan pengemmbaliannya. Ini tentu melukai rasa keadilan masyarakat,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui,  kasus  ini  bermula ketika Pemkab Karanganyar membangun wisata pendidikan  (edu park) di lokasi kolam renang Intanpari tahun 2014 lalu.

Baca Juga :  Profil 10 Pebulutangkis Tercantik Dunia Sepanjang Masa. Nggak Nyangka, Salah Satunya Ternyata dari Karanganyar Indonesia

Di lokasi wisata  pendidikan tersebut,  dilengkapi dengan  tiga unit pesawat,  masing-masing dua unit helikopter bekas dan satu unit  pesawat Boeing 727 Air  Bus 200, dengan total anggaran Rp 2 miliar.

Namun, dalam  pengadaan pesawat  tersebut, terdapat  selisih harga, dan  berdasarkan hasil audit  BPKP, pengadaan pesawat ini,  mengakibatkan kerugian  negara mencapai Rp 509 juta. Wardoyo

Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua