JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

50 Desa di Wonogiri Gelar Pilkades Serentak. Disokong Dana 17,5 J Perdesa, Ini Jadwalnya

Ilustrasi Pilkades
   
Petugas TPS membantu pemilih lansia memasukkan surat suara saat pelaksanaan pilkades serentak Wonogiri beberapa waktu lalu

WONOGIRI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri siap menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) di 50 desa tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Wonogiri, Semedi Budi Wibowo mengatakan, Pilkades serentak bakal digelar Oktober tahun ini. Pilkades diikuti 50 desa yang tersebar di 18 kecamatan.

“Pilkades serentak ini khusus yang habis masa jabatan di 2018, nanti di 2019 rencananya pilkades juga dengan diikuti 186 desa,” kata dia, Kamis (24/5/2018).

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Dia menerangkan 50 desa tersebut sebagian besar mengalami kekosongan jabatan Kepala Desa, lantaran masa jabatan berakhir. Sebagian lagi masa jabatan akan habis menjelang Oktober. Kekosongan jabatan Kades, saat ini diisi pejabat sementara.

“Nanti setiap desa kami berikan bantuan keuangan Rp 17,5 juta,” sebut dia.

Baca Juga :  Jumlah Kasus Kejahatan Selama Maret 2024, Perzinahan Mendominasi

Terkait teknis pemilihan serta hal lain dia menuturkan masih menunggu adanya regulasi baru sebagai revisi Perda Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pemilihan Pengesahan dan Pengangkatan Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

“Regulasi diubah karena menyesuaikan peraturan pusat yang juga berubah. Permendagri 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kades diubah nomor 65 Tahun 2017,” tutur dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com