JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

8 Kecamatan di Wonogiri Jadi Prioritas Program Pamsimas

Foto ilustrasi kekeringan / Dok Joglosemarnews
   
Tanah retak di dasar Waduk Gajah Mungkur

WONOGIRI—Sedikitnya delapan kecamatan di Wonogiri akan menjadi prioritas program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun ini.

Kedelapan kecamatan itu merupakan wilayah endemik kekeringan, dan berada di Wonogiri sisi selatan. Dana belasan miliar dipastikan mengalir untuk penyediaan air di wilayah tersebut.

“Kuota Pamsimas ada sekitar 25 titik, nanti yang 20 titik akan kami arahkan ke selatan. Terutama delapan kecamatan yang sering mengalami kekeringan itu,” kata Bupati Joko Sutopo, Senin (7/5/2018).

Baca Juga :  Eling eling Bolo! Area Blackspot alias Rawan Kecelakaan selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Dia menerangkan, langkah tersebut sengaja ditempuh untuk mengatasi secara permanen bencana kekeringan. Hampir bisa dipastikan setiap datang kekeringan, kedelapan wilayah akan terdampak.

“Alokasi Pamsimas berasal dari Dana Alokasi Khusus untuk 12 titik dan dari dana pendampingan sebanyak 13 titik. Adapun total dana yang digelontorkan untuk program Pamsimas tersebut mencapai Rp 12 Miliar,” sebut Bupati.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Delapan kecamatan yang bakal digelontor pogram itu antara lain, Paranggupito, Pracimantoro, Manyaran, Eromoko, Selogiri, Giritontro, Giriwoyo, dan Nguntoronadi. Program Pamsimas dari pemerintah pusat akan dikombinasikan dengan program dari Pemkab Wonogiri untuk mengatasi kekeringan secara permanen. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com