JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Awas! Gelombang Setinggi 4 Meter Berpeluang Terjadi di Laut Selatan

Pengunjung menikmati debur ombak Pantai Nampu, Paranggupito, Wonogiri
   
Pengunjung menikmati debur ombak Pantai Nampu, Paranggupito, Wonogiri

WONOGIRI-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri mengingatkan adanya gelombang tinggi Samudera Indonesia atau Laut Selatan.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto mengatakan telah mendapatkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tanggal 18 Mei 2018. Isinya peringatan dini terjadinya gelombang tinggi. Gelombang akan terjadi mulai Jumat (18/5/2018) pukul 07.00 WIB hingga Sabtu (19/5/2018) pukul 07.00 WIB.

Baca Juga :  Kumpulan Contoh Ucapan Sungkeman Dalam Bahasa Jawa, Simpel dan Mudah Dihafalkan

Gelombang tinggi berpotensi terjadi di Samudera Indonesia. Tinggi gelombang diperkirakan antara 2,5 hingga 4 meter,” kata dia.

BPBD selanjutnya mengimbau pelaku aktifitas di sekitar pantai selatan wilayah Wonogiri untuk mewaspadai kemungkinan gelombang tinggi . Pasalnya pantai Wonogiri bersinggungan langsung dengan Samudera Indonesia.

Aktitas tersebut, menurut dia, di antaranya penangkapan ikan laut dan hasil laut lainnya oleh nelayan. Selain itu aktifitas wisatawan yang menikmati keindahan panorama laut selatan.

Baca Juga :  Puluhan Botol Miras di Kulonprogo Diamankan Jelang Idulfitri 2024

Imbauan tersebut diberikan kepada pemerintah kecamatan dan desa sekitar pantai. Juga diberikan kepada pengelola tempat wisata. Pun BPBD telah memasang papan peringatan gelombang tinggi di sekitar pantai.
Pihaknya terus melakukan pantuan di sejumlah pantai, seperti Sembukan, Nampu, Klotok, Waru, maupun Parangjoro.

Sementara ini situasi masih terpantau aman dan terkendali. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com