JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Gunung Merapi Meletus, Kawanan Kera Mulai Turun ke Permukiman. Pertanda Apa?

Ilustrasi kawanan kera
   
Ilustrasi kawanan kera

YOGYAKARTA- Kawanan kera yang berada di perbukitan lereng Gunung Merapi dilaporkan mulai eksodus turun gunung menyusul letusan freatik Gunung Merapi pada Kamis dinihari (24/5/2018). Beberapa ekor kera atau monyet telah terpantau berada di sekitar kantor Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Jalan Kaliurang Km 22, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Ada beberapa ekor monyet yang turun di sekitar kantor,” Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Ammy Nurwati, di kantornya, Kamis (24/5/2018).

Beberapa monyet ekor panjang itu mencari makanan seperti pepaya dan bunga pohon turi yang ada di sekitar kantor dan rumah penduduk. Monyet-monyet itu juga banyak berkeliaran di jalanan aspal di sekitar wilayah taman nasional.

Baca Juga :  4 Hari Usai Jambret Dompet di Sleman, Pria Kulonprogo Ini Dibekuk Polisi

Ammy menjelaskan ada dua kemungkinan penyebab turunnya monyet-monyet tersebut. Pertama, monyet-monyet turun karena lapar. Kedua, monyet-monyet turun karena mulai merasa tidak nyaman dengan erupsi Gunung Merapi.

“Diperkirakan sumber makanan banyak terkena abu,” ujar dia.

Ammy  mengimbau kepada masyarakat agar menanggapi fenomena turunnya monyet itu secara bijak. Ia meminta masyarakat tidak menyiksa monyet yang berkeliaran. Masyarakat, kata dia, juga harus hati-hati terhadap hewan itu jika sewaktu-waktu mengganggu.

“Jangan diganggu, jangan dimatikan, mereka butuh ruang,” kata Ammy.

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja

Teguh Wardaya, Kepala Resor TNGM Pakem-Turi menyebutkan, para pedagang di sekitar kawasan Telaga Puteri Kaliurang sudah bersiap jika kawanan monyet itu menjarah makanan. Namun hingga saat ini, ia memastikan situasi masih kondusif.

“Kalau monyet di sekitar Taman Wisata Telaga Puteri sering turun, kawanan itu memakan makanan dari wisatawan,” kata dia.

Teguh belum dapat memastikan penyebab turunnya monyet-monyet lereng Gunung Merapi. Jika memang kawanan monyet turun karena erupsi,  kata dia, para pedagang makanan akan mengunci rapat kios-kiosnya.

“Banyak monyet yang jika kelaparan bisa merusak kios,” kata dia.

www.tempo.co. Co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com