JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Harga Mete Wonogiri Pecahkan Rekor

Mete Wonogiri
   
Mete Wonogiri

WONOGIRI–Menyandang predikat sebagai Kota Mete bukan jaminan bagi jenis makanan ringan itu untuk dapat dibeli dengan harga murah di Wonogiri. Pasalnya saat ini harganya sudah sangat tinggi. Bahkan disebut-sebut menjadi yang tertinggi selama ini.

Informasi yang berhasil diperoleh JOGLOSEMARNEWS.COM (21/5/2018), saat ini, harga satu kilogram mete masak dengan kualitas super, dibanderol Rp185 ribu. Sedangkan untuk kondisi mentah dihargai Rp170 ribu per kilogram.

“Kualitas biasa matang seharga Rp 180 ribu, mentah biasa Rp 165 ribu,” ujar salah satu pedagang mete, Solikhah.

Baca Juga :  Overkendel! Lebaran di Penjara Gegara Main Sabu di Wonogiri

Pedagang lainnya, Wanti berujar sebelum puasa harga sudah naik. Tapi harga mete pada saat ini merupakan yang paling tinggi selama beberapa tahun belakangan.

“Sekarang ini harganya paling tinggi. Tahun-tahun lalu di bawah Rp170 ribu per kilogramnya,“ ungkap dia.

Tingginya harga mete, menurut dia dipicu sejumlah faktor. Pertama, produksi mete yang turun lantaran anomali cuaca beberapa waktu terakhir. Tanaman mete yang seharusnya berbuah mendadak rusak, gara-gara bunganya terkena air hujan. Faktor selanjutnya permintaan yang meningkat memasuki puasa dan menjelang Lebaran.

Baca Juga :  Daftar Objek Wisata di Wonogiri yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024, ada Kuliner Juga Loh

“Saya mengambilnya dari pengepul maupun petani juga sudah tinggi. Sebab barangnya jarang ada,“ sebut dia.

Menurut dia, mete yang diambil dari tingkatan pengepul, adalah mete hasil panen sebelumnya. Jadi merupakan mete simpanan dari dalam gudang. Kendati demikiaan kualitas tidak perlu diragukan. Sebab, hanya mete berkualitas baiklah yang akan mampu tahan lama jika disimpan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com