JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hasil Survei Sementara, Ganjar-Yasin Masih Unggul di Pilgub Jateng

Dua calon gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Sudirman Said berangkulan usai debat publik perdana Pilgub Jateng di Semarang Jumat (20/4/2018). Foto/Tempo.Co
   
Dua calon gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Sudirman Said berangkulan usai debat publik perdana Pilgub Jateng di Semarang Jumat (20/4/2018). Foto/Tempo.Co

JAKARTA-Pasangan calon gubernur-wakil gubernur, Ganjar Pranowo-Taj Yasin untuk sementara unggul dari pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah. Hal itu tercermin dari hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia.

Lembaga survey ini mengeluarkan hasil sigi soal pertarungan kekuatan politik di pemilihan kepala daerah Jawa Tengah tersebut. “Elektabilitas Ganjar Pranowo-Taj Yasin sebesar 72,4 persen dan Sudirman-Ida Fauziyah 21 persen,” ujar Peneliti Indikator Kuskridho Ambardi saat jumpa pers di Jakarta, Senin (21/5/2018). Di luar itu, ada yang belum menentukan pilihan sebesar 6,6 persen.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan pada 12-21 Maret 2018 di Provinsi Jawa Tengah. Survei itu mengambil sampel 820 orang penduduk Jawa Tengah yang memiliki hak pilih, menggunakan metode multistage random sampling, dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga :  Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud Masih Optimistis MK Bakal Lahirkan Putusan Progresif

Dalam pilgub Jawa Tengah 2018, pasangan Ganjar-Taj Yasin diusung oleh empat partai, yakni PDIP, PPP, NasDem, Demokrat. Sedangkan, pasangan Sudirman-Ida diusung oleh Gerindra, PKB, PAN, dan PKS.

Selain soal elektabilitas, hasil survei itu menunjukkan responden yang telah menyatakan pilihan, sebanyak 67 persen diantaranya menyatakan kecil kemungkinan mengubah pilihan. Rinciannya, 23 persen sangat kecil atau tidak mungkin dan 44 persen kecil kemungkinan.

Sedangkan responden yang menyatakan ada kemungkinan berubah pikiran hanya sebesar 28 persen, dengan rincian 23 persen cukup besar kemungkinannya, dan 5 persen sangat besar.

Baca Juga :  Dituduh Catut Nama Dosen Malaysia, Ini Bantahan Dekan UNAS

Dari faktor popularitas, Ganjar lebih unggul dari Sudirman. Hasil survei menunjukkan popularitas politikus PDIP itu sebanyak 87,7 persen, sedangkan Sudirman hanya dikenal oleh 44 persen responden.

Kuskridho mengatakan alasan pasangan Ganjar-Taj Yasin unggul cukup jauh karena keuntungan sebagai inkumben. Di bagian indikator kepuasan terhadap kinerja, sebanyak 81 persen respon menyatakan puas terhadap kinerja Ganjar, dengan rincian 71 persen cukup puas dan 10 persen sangat puas. Sementara yang tidak puas hanya 14 persen, dengan rincian 13 persen kurang puas, 1 persen sama sekali tidak puas.

“Prospek untuk pasangan Ganjar-Taj Yasin cukup besar saat ini. Tapi masih ada dua bulan untuk pasangan Sudirman-Ida mengejar,” kata dia.

www.teras.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com