JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Hati-hati, BPR Berpotensi Dimanfaatkan untuk  Pencucian Uang

   
Dok Suharno

SOLO – Tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik, menjadi ajang pemilihan bupati, walikota, gubernur, anggota dewan, sampai presiden.
Dalam ajang pesta demokrasi tersebut, diprediksi praktik pencucian uang lewat lembaga keuangan, tidak terkecuali BPR akan meningkat.

” Kita harus waspada jangan sampai BPR dijadikan ajang pencucian uang dan pendanaan teroris. Kita harus antisipasi sejak dini dengan menerapkan program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Teroris (APU PPT). Semua pimpinan dan seluruh karyawan BPR wajib memahami dan menjalankan program APU PPT,” papar Direktur Amalia Consulting, Suharno, saat tampil sebagai narasumber in house training Penerapan Program APU PPT, yang diselenggarakan PT BPR Sukadana, Sabtu (12/5-2018).

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

Lebih lanjut, Suharno mengungkapkan, aktivitas terorisme modus operandi juga telah bergeser. Bila dulu pemainnya adalah kelompok terorganisir, sekarang bisa kelompok kecil atau individu yang menyebar di berbagai daerah di tanah air.

Untuk mendukung modus operandinya tidak menutup kemungkinan lalu lintas pendanaan akan memanfaatkan BPR.

In house training diikuti 30 peserta dari  jajaran komisaris, direksi dan karyawan. Direktur Utama PT BPR Sukadana, Wiradi, saat membuka acara, berharap seluruh pimpinan dan karyawan memahami dan melaksanakan program APU PPT sesuai dengan tugas dan pekerjaan masing-masing.

Baca Juga :  Diduga Penyakit Jantung Kumat, Pengemudi Kijang Oleng Hingga Tabrak Lapak Pedagang Buah di Kawasan Pasar Klewer Solo

” Kita berkomitmen melaksanakan program APU PPT sesuai dengan regulasi yang berlaku. Dengan menyusun action plan pedoman pelaksanaan APU PPT, melakukan pengkinian data nasabah, dan menyusun profil nasabah dalam tiga katagori resiko, rendah, sedang dan tinggi, ” ungkapnya.

In house training berlangsung dinamis dan interaktif  ditutup oleh komisaris PT BPR Sukadana, M. Djazuli, berharap agar seluruh pimpinan dan karyawan menindaklanjuti hasil training, sehingga BPR Sukadana, terhindar dari kegiatan pencucian uang dan pendanaan teroris  # Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com