JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Hindari SMP Wonogiri Dapat Sisa Siswa, Ini yang Dilakukan Dinas

   

WONOGIRIDinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri saat ini masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP.

Hal ini dilakukan, salah satunya menghindari adanya SMP yang mendapatkan sisa siswa.

“Kami bersama stakeholder terkait masih merumuskan sistem yang sesuai dengan karakteristik daerah. Kami masih berkoordinasi dengan pihak sekolah swasta, PGRI, dan Kantor Kemenag (Kementerian Agama), supaya satu tujuan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, Siswanto, Sabtu (12/5/2018).

Menurut dia, koordinasi seperti dengan kantor Kemenag Wonogiri sangat diperlukan. Pasalnya, PPDB sekolah di bawah naungan Kantor Kemenag selalu lebih dulu. Hal ini lantaran regulasi Kemenag berbeda dengan regulasi dari Kemendikbud.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

“Sangat kasihan sekolah yang belum persiapan membuka PPDB, bisa-bisa mereka dapat sisa-sisa siswa saja. Lantaran itu kami berupaya agar PPDB bisa serentak,” jelas dia.

Pihaknya hingga saat ini belum menentukan sistem PPDB SMP secara baku. Pihaknya masih merumuskan sistem yang sesuai dengan karakteristik daerah. Tidak menutup kemungkinan akan menggunakan sistem seperti sistem PPDB tahun lalu dengan sedikit perubahan yang mengarah pada zonasi.

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

Sistem PPDB tahun ini bakal ditetapkan sebelum PPDB secara nasional dimulai, Juli mendatang. Hal ini sejalan dengan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB.

“Sampai saat ini belum ada sekolah yang mencuri start dengan membuka PPDB baik secara manual maupun online. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan ada sekolah yang membuka PPDB secara internal melalui website pribadi mereka,” terang dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com