JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kasus Komputer SID, 100an Kades di Sragen Sudah Diperiksa Kejari. Berapa Yang Bakal Jadi Tersangka?

Undangan FKKD ke Kades-kades untuk membahas persiapan pemeriksaan SID, revisi Perbup dan polemik Mutasi Perdes. Foto/Istimewa
   

 

Undangan FKKD ke Kades-kades untuk membahas persiapan pemeriksaan SID, revisi Perbup dan polemik Mutasi Perdes. Foto/Istimewa

SRAGEN-  Kejaksaan Negeri (Kejari)  Sragen mengisyaratkan akan memulai tahap penyelidikan Pidana Khusus (Pidsus) kasus dugaan penyimpangan proyek pengadaan komputer sistem informasi desa (SID)  di 196 desa awal pekan depan. Sementara pada tahap awal,  sudah ada sekitar 100an Kades yang diperiksa secara maraton oleh tim Intel.

“Sudah ada sekitar 100an Kades dari 20 kecamatan yang kami periksa. Nanti untuk tahap kedua,  tidak menutup kemungkinan 196 Kades kita panggil dan periksa lagi. Tergantung kebutuhan, ” papar Kasie Pidsus Adi Nugraha mewakili Kajari Sragen,  Muh Sumartono,  Jumat (4/5/2018).

Perihal status mereka, Adi mengatakan sementara masih dalam tahap permintaan keterangan. Soal kemungkinan tersangka, ia belum berani mengandai-andai.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Sebab untuk menuju ke itu,  masih harus melalui proses panjang dan beberapa tahapan. Saat ini menurutnya penanganan baru ditingkatkan ke penyelidikan pidana khusus setelah ditemukan peristiwa pidana dari kesimpulan penyelidikan Intel.

Tim Pidsus nantinya akan memperdalam dan mengusut tuntas peristiwa pidana dengan pemeriksaan lanjutan yang lebih detail.

Selain para Kades, beberapa pihak terkait seperti dari dinas dan rekanan penyuplai komputer,  juga akan diperiksa.

Soal siapa yang berpotensi ditetapkan tersangka dan berapa jumlahnya,  Adi kembali menyampaikan masih terlalu dini untuk menyimpulkannya.

“Tunggu saja perkembangannya. Yang jelas kami akan menjalankan penyelidikan sesuai tahapan dan SOP yang ada. Saat ini tim sedang menyusun rencana penyelidikan. Apa-apa yang dibutuhkan dan siapa-siapa yang akan dimintai keterangan di tahap penyelidikan,” tukasnya.

Baca Juga :  Bioskop legendaris Garuda Theatre Sragen: Kenangan Manis Masa Lalu

Di sisi lain, peningkatan penanganan ke penyelidikan Pidsus itu langsung membuat kalangan Kades panas dingin. Sejumlah Kades dan pengurus FKKD dilaporkan langsung menggeruduk Kejari untuk berkonsultasi.

Selain itu, Kades-Kades yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Sragen menggelar pertemuan membahas persiapan menghadapi pemanggilan tahap kedua oleh Kejari.

“Iya tadi memang berkumpul. Cuma tidak sampai membahas detail soal itu (kasus SID). Hanya penyampaian saja dan persiapan menghadapi pemeriksaan saja, ” ujar salah satu Kades di Sragen Barat, SN. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com