JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kejari Sragen Selamatkan Rp 2,3 Miliar Uang Negara dari Pengemplang Kredit di 4 BPR Milik Pemkab Sragen. BPR Syariah dan Djoko Tingkir Paling Besar

Ilustrasi uang
   
Ilustrasi uang

SRAGEN- Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen berhasil menyelamatkan Rp 2,302 miliar uang negara dari tangan nasabah penunggak kredit di Sragen. Dana yang diselamatkan itu merupakan kas daerah yang berada di empat Bank Perkreditan Rakyat (BPR) milik Pemkab Sragen.

Empat BPR itu masing-masing BPR SYARIAH (BPRS) sukowati,  BPR/BKK Karangmalang,  BPR Djoko Tingkir dan BPR/BKK Tanon. Dari empat BPR itu,  BPRS Sukowati menjadi BPR dengan tunggakan kredit macet paling besar disusul BPR Joko Tingkir.

Kajari Sragen,  Muhammad Sumartono mengungkapkan dana Rp 2,302 miliar itu berhasil diselamatkan selama dirinya menjabat yakni 8 Oktober 2017 hingga saat ini. Tunggakan kredit macet itu diselamatkan lewat tim Bidang Tata Usaha dan Perdata PN Sragen yang menerima kuasa dari empat BPR daerah tersebut.

Baca Juga :  Paguyuban Sahabat Dangkel Bagikan Paket Sembako di Bulan Ramadhan 1445 H Untuk Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu Hingga Anak Yatim di Sragen, Kades Purwosuman: Paguyuban Yang Kompak dan Solid Membantu Warga

“Jadi empat BPR daerah itu memberikan surat kuasa khusus (SKK) kepada Kejari Sragen untuk menagih kredit macet atau istilahnya pemulihan keuangan negara. Sejak saya menjabat 8 Oktober 2017 sampai saat ini tim Datun kami sudah berhasil memulihkan Rp 2,302 miliar kredit macet di empat BPR itu, ” papar Kajari, Minggu (6/5/2018).

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo
Kajari Sragen, Muh Sumartono. Foto/Istimewa

Dana hasil pemulihan itu selanjutnya disetorjan ke kas daerah cq keuangan daerah Sragen. Kajari menyampaikan dari empat BPR di atas,  BPRS Sukowati menjadi yang terbesar tunggakan kredit macetnya yakni mencapai Rp 2,6 miliar.

Disusul kemudian BPR Djoko Tingkir sebesar Rp 907,530,000.

“Proses penagihannya, kita bentuk tim Datun dipimpin Kasie Datun. Kita undang pihak kreditur macet sesuai dengan data yang diberikan pemberi kuasa. Kita undang ke kantor untuk negosiasi,  dituangkan dalam SP kesanggupan membayar. Kalau enggak sanggup baru digugat di pengadilan, ” pungkasnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com