JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ketua DPR Dukung Jokowi Aktifkan Koopssusgab TNI Berantas Teroris

Ilustrasi
   
Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA – ‎Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung langkah pemerintah membentuk Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk memberantas teroris di segala penjuru Indonesia.

“Saya mendukung penuh upaya pemberantasan terorisme dengan melibatkan pasukan elite di satuan TNI,” ujar Bamsoet di komplek Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Bamsoet menilai, payung hukum Koopssusgab TNI yang telah direstui Presiden Joko Widodo untuk diaktifkan, yaitu UU TNI Pasal 7 Ayat 2 yang menyatakan operasi militer selain perang.

“Nanti akan ada rapat komisi I DPR, agendanya untuk membahas penggunaan pasukan elite di satua TNI dalam membantu Polri menumpas gerakan terorisme,” ujar Bamsoet.

Baca Juga :  Susul Megawati dan BEM 4 Perguruan Tinggi, Rizieq Shihab dan Din Syamsuddin Cs Ajukan Amicus Curiae ke MK

‎Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah membentuk Koopssusgab TNI untuk memberantas teroris di segala penjuru Indonesia.

“Sudah direstui oleh Presiden, dan diresmikan kembali oleh Panglima TNI,” ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di komplek Istana Negara.

Menurut Moeldoko, Koopssusgab saat ini sudah berjalan‎ dan di dalamnya memiliki pasukan khusus terbaik dari prajurit TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.

Baca Juga :  Demi Ungkap Pelanggaran Pilpres 2024, Masyarakat Sipil Desak Pengadilan Rakyat

“‎Mereka setiap saat bisa digerakkan ke penjuru, kemanapun dalam tempo yang secapat-cepatnya, tugasnya seperti apa, akan dikomunikasikan antara Kapolri dan Panglima TNI,” ujar Moeldoko.

‎Moeldoko menjelaskan, operasi Koopssusgab‎ harus dijalankan untuk preventif untuk menciptakan ketenangan di masyarakat, dimana saat ini terjadi reaksi teror di beberapa daerah karena bentuk dari aksi dari tekanan kepolisian berantas teroris.

“Itulah hukum alam, hukum aksi dan reaksi, begitu teroris melakukan aksi kita bereaksi, kita melakukan aksi, mereka bereaksi, ini sudah pasti,” ucapnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com