JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Pelipatan Surat Suara Pilgub Jateng di Karanganyar Dikawal Ketat Polisi. Ada Apa?

Sejumlah pekerja melipat kartu suara untuk Pilgub Jateng di Karanganyar Selasa (22/5/2018). Foto/Wardoyo
   
Sejumlah pekerja melipat kartu suara untuk Pilgub Jateng di Karanganyar Selasa (22/5/2018). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah  dalam pemilihan kepala daearah yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. Pelipatan dan penyortiran surat suara dilakukan di balai kelurahan Cangakan, Selasa (22/05/2018).

Pelipatan surat suara ini, mendapat pengawasan ketat dari aparat Kepolisian Karanganyar. Komisioner KPU divisi Keuangan, Umum dan Logistik Triastuti Suryandari, kepada wartawan  mengatakan, pelipatan surat suara melibatkan sekitar 120 warga sekitar.Menurutnya, para pelipat surat suara ini, debagi menjadi 12 kelompok dan setiap  kelompok diawasi seorang petugas KPU.Dijelaskannya, pelipatan surat suara ini juga melibatkan pengawas pemilu.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“ Mekanisme pelipatan suara dilakukan dengan diserahkannya surat suara oleh pengawas. Pengawas memberikan surat suara kepada warga untuk dilipat.Setelah surat suara selesai dilipat, kembali diserahkan kepada pengawas sebelum akhirnya diserahkan kepada bagian administrasi,” ujar Triastuti, Selasa (22/05/2018).

Ditambahkannya, dalam proses pelipatan tersebut, ditemukan  sejumah kerusakan surat suara. Seperti  gambar yang berbayang pada kertas dan grid warna yang tak sesuai. Surat rusak ini, lanjut Trias, dikumpulkan untuk didata dan dilaporkan ke KPU Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Pelipatan surat suara ini, kami targetkan selesai dalam waktu tiga hari,” pungkasnya.

Dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, sebanyak  701.377 surat suara Pilgub Jateng, termasuk 2,5 persen cadangan dan 2000 cadangan manakala ada pemungutan ulang. Setelah pelipatan surat suara Pilgub, KPU melanjutkannya pada pelipatan surat suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Karanganyar. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com