JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

PPDB di Sragen Bakal Terapkan Sistem Zonasi. Siswa Pandai Tak Harus Sekolah di Kota

Ilustrasi PPDB
   
Ilustrasi PPDB

SRAGEN-  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) akan menerapkan sistem zonasi pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 mendatang. Nantinya sekolah diharapkan bisa menampung siswa di zonanya terlebih dahulu sebelum menerima siswa dari luar yang dibatasi 20 persen.

Kepala Disdikbud Suwardi mengatakan, sistem zonasi itu diberlakukan salah satu tujuannya agar pendidikan itu tidak terpusat di sekolah-sekolah tertentu yang ada di perkotaan.

Anak-anak yang pandai tidak harus memilh di sekolah favorit, tetapi bisa di wilayah terdekat, maka diatur dengan zonasi.

Menurut dia, pemberlakuan zonasi itu juga tidak akan membuat sekolah-sekolah swasta berteriak karena kekurangan siswa.

Baca Juga :  ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

“Kami tidak khawatir dengan adanya sistem zonasi tersebut. Karena murid-murid dari daerah lain juga akan ke Sragen, seperti yang berasal dari Boyolali, seperti sekolah yang ada di Kecamatan Gemolong atau Miri,” kata Suwardi kepada wartawan belum lama ini.

Meski sudah diatur per zona,  murid-murid tetap bisa mendaftar di sekolah luar zona. Hanya saja mereka harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu.

Hal ini karena sekolahan itu memang mementingkan menerima siswa dari daerah yang ada di zonasinya, baru kemudian dari luar zonasi.

Suwardi menjelaskan untuk PPDB SMP juga akan diberlakukan system zonasi tersebut, mulai tahun ajaran mendatang. Untuk PPDB SMP di Sragen berlaku zona kecamatan, tapi dari luar zona bisa menerima murid 20%.

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

” Tapi tidak terbatas itu, kalau yang 80% tidak bisa ditutup dari zonasinya, bisa diisi dari zona luar,” jelasnya.

Ketua Dewan Pendidikan M Sauman mengatakan, tidak ada masalah dengan hal itu karena zonasi memang diberlakukan seluruh sekolah yang ada di Jawa Tengah.

Apalagi selama ini juga banyak siswa dari luar daerah yang juga bersekolah di Sragen, seperti dari Boyolali atau Purwodadi.

“Salah satu tujuannya juga untuk pemerataan anak pandai agar tidak terkumpul di satu sekolah saja,” ujarnya. Wardoyo

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com